Bandung: Mie Rica Kejaksaan


Sebelum saya melakukan wisata kuliner di Kota Bandung, sebenarnya saya sudah lama familiar dengan kelezatan Mie Rica Kejaksaan meskipun belum pernah sekalipun singgah ke gerainya. Berbagai pujian mengenai tempat makan ini sudah sering saya temukan di internet, ditambah lagi banyak teman dan kenalan yang juga tak bosan merekomendasikan menu-menu pedasnya.

Sejak berdiri pada 1960-an, rumah makan ini sudah memperluas bisnisnya dengan membuka cabang di Pasar Kaliki Hyper Square. Meski demikian, untuk bisa mencicipi orisinalitasnya, saya pun bertekad untuk mampir ke gerai aslinya di Jalan Kejaksaan. Menempati bangunan kecil mirip rumah dengan kapasitas 30-40 orang, saya membuat kesalahan dengan tiba di sana pukul 12.30 yang merupakan puncaknya jam makan siang. Area makan sudah dipenuhi oleh pengunjung, dan antrian tampak mengular di luar restoran. Butuh waktu sekitar 40 menit sampai akhirnya saya mendapatkan kursi kosong dan makanan saya siap disajikan. Saya memesan Mie Rica Pangsit yang pedas – sebuah hidangan yang terbukti mampu membayar penantian panjang saya selama mengantri.

Mi home-made restoran ini rasanya lembut dan sedikit lembek, sementara cita rasa pedasnya datang dari cacahan daging babi. Hanya butuh waktu beberapa detik bagi saya untuk menitikkan air mata setelah mencoba suapan pertama. Meskipun sensasi pedas menguasai mulut saya, rasa dari keseluruhan hidangan ini tetap tidak berkurang. Malah, rasa pedasnya justru bisa memperkaya rasa mi menjadi lebih lezat. Ditambah lagi, kuah pangsitnya yang gurih menjadi teman sempurna untuk meredam rasa pedas.

Jl. Kejaksaan No. 7,
Bandung
Buka setiap hari, pukul 08.00-14.00 dan 16.30-20.00 WIB
Harga: Rp.30.000/US$2,20 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *