READING

Bandung: Pa’Oyen 18 Sukajadi

Bandung: Pa’Oyen 18 Sukajadi


Kalau Anda sedang mencari penjaja hidangan pencuci mulut saat sedang belanja di Paris Van Java Mall, Bandung, Anda harus mampir ke Pa’ Oyen 18 Sukajadi. Berlokasi di Jalan Sukajadi, toko yang memiliki sejumlah cabang di Kota Bandung ini sudah ada sejak 1962 dan terkenal dengan hidangan Es Campur Oyen (es serut yang dicampur dengan buah-buahan). Saking terkenalnya, banyak toko yang mencontek penganan manis racikannya itu dan gagal—mereka bahkan nekat menamainya Es Oyen.

Sang pendiri Pak H. Basar Sudjana memulai bisnisnya berjualan es campung dengan gerobak di Pasar Kosambi. Kerja kerasnya pun berbuah manis, dan kesuksesannya memungkinkan Pak Basar membuka beberapa cabang. Meskipun toko yang terletak di Jalan Sukajadi tidak semewah bar-bar modern, gedung dua lantainya selalu dipenuhi pengunjung. Dua area makan tersedia di sini: satu di lantai dasar, yang mampu menampung sekitar enam orang, dan yang lainnya terletak di atasnya dengan kapasitas sekitar 20 orang.

Selain Es Campur Oyen, toko ini juga memiliki beragam pilihan makanan, termasuk di antaranya sate, mi bakso, siomay, dan nasi goreng. Namun, makanan pencuci mulut khasnya yang wajib Anda coba diracik dengan campuran es serut, kelapa, nangka, avokad, dan pacar cina (biji bunga beras Tiongkok).

Jl. Sukajadi No. 8,
Bandung, Jawa Barat
Telp: (022) 203 6243
Buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB
Rp11.000/US$0,80 per porsi


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *