Bandung: Restoran Dunia Baru


Sebuah restoran keluarga ternama di Bandung yang menyajikan beragam hidangan Tiongkok menggiurkan, Restoran Dunia Baru cenderung ramai pada akhir pekan—dengan mayoritas pengunjung dari Jakarta. Kendati populer, restoran ini bernaung di dalam sebuah toko kecil di Jalan Garudajati, dengan delapan meja bundar yang hanya mampu mengakomodasi 50 pelanggan.

Saya masuk ke restoran itu pada jam 10 pagi. Untungnya, berhubung saya datang pada hari kerja, tidak ada satu pun pelanggan di dalamnya. Lalu, saya duduk di salah satu meja dan seorang pramusaji bergegas menghampiri dan memberikan saya daftar menu.

Saya selalu merasa frustrasi ketika sebuah restoran tidak menuliskan harga makanan di dalam menu. Sayangnya, Restoran Dunia Baru pun demikian. Merasa kesal, saya letakkan kembali menunya dan meminta rekomendasi langsung dari si pramusaji. Karena ditawarkan pilihan ayam rebus jahe atau babi goreng kecap, saya memilih yang kedua sebagai peneman sepiring nasi putih.

Persiapannya memang memakan waktu cukup lama, dan baru setelah disajikan di meja saya sadar kalau babinya digoreng hingga renyah. Disajikan dengan irisan mentimun dan sambal di sisinya, tampaknya daging babinya diselimuti tepung sebelum dimasukkan ke dalam penggorengan. Dimasak hingga renyah sempurna, daging babinya meninggalkan rasa kecap manis yang sangat nikmat. Sambalnya pedas, membakar lidah, menambahkan sentuhan segar ke keseluruhan hidangan tersebut—seperti yang saya suka.

Harganya memang agak mahal, tapi kualitasnya lebih dari sepadan. Setimpal dengan harganya.

Jl. Gardujati,
Bandung, Jawa Barat
T: 0813 2013 6823
Buka setiap hari dari pukul 10.00-20.00 WIB
Rp100.000/US$7,60 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *