Bandung: Sumber Hidangan

Setelah menikmati makanan pedas dari Mie Rica Kejaksaan, saya melanjutkan perjalanan ke Jalan Braga sampai ke toko roti paling melegenda di Bandung: Sumber Hidangan. Didirikan pada 1929, reputasinya sudah bertahan selama puluhan tahun berkat pilihan kue, pastry, dan es krimnya yang lezat.

Selain popularitasnya yang tiada tanding, bangunan dan interior toko ini juga tidak lekang oleh waktu. Bernaung di sebuah gedung tua, nuansa kuno dari era kolonial Belanda terpancar di seluruh sudut toko—mulai dari eksterior hingga interiornya yang tua. Pegawai-pegawainya yang sudah tua memperkuat atmosfer masa lampaunya.

Dibagi jadi dua bagian, ruangan luas pertama digunakan sebagai tempat memajang kue-kue dan pastries-nya. Area lainnya dijadikan tempat makan, lengkap dengan deretan meja dan kursi yang kuno. Bahkan sebelum saya sampai ke area ini, saya sudah mengalihkan pandangan saya ke es krimnya. Saya pun berjalan melewati deretan kue dan tartnya, langsung menuju salah satu meja yang lowong.

Seorang pramusaji datang dan memberikan saya menu, yang tentunya tidak saya perlukan. Sekadar menunjukkan rasa hormat, saya membalik-balikkan halaman menunya, sebelum akhirnya memesan es krim khas Sumber Hidangan Special—campuran es krim cokelat, vanila, dan stroberi bertabur potongan buah persik, ceri, dan kismis. Sementara saya terpukau dengan tekstur es krimnya yang lembut, penggunaan buah kalengan membuat saya agak kecewa. Walaupun begitu, saya tetap berencana untuk kembali ke tempat ini lagi untuk mencicipi penganan manis lainnya ketika berkunjung ke kota ini lagi.

Jl. Braga No. 20-22,
Bandung, Jawa Barat
Telp: 022 423 6638
Buka hari Senin-Sabtu, pukul 09.00-15.30 WIB
Rp20.000/US$1,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *