Bandung: Warung Kopi Purnama


Jika Anda termasuk warga Jakarta yang sering berkunjung ke Bandung saat akhir pekan, maka saya rekomendasikan untuk mampir ke kedai kopi bernama Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri.

Didirikan oleh Yong A Thong pada 1930 – dulunya dikenal dengan nama Chang Chong Se – nama kedai ini berubah pada 1966 karena adanya kebijakan pemerintah untuk mengubah nama Cina menjadi nama pribumi. Anda dapat merasakan nuansa vintage Cina yang elegan dari interior kedai, termasuk dari pemilihan meja dan kursi kayunya. Deretan foto di dinding menampilkan suasana Kota Bandung tempo dulu yang semakin menambah nuansa antik di tempat ini.

kopi purnamakopi purnama

Sekelompok pelanggan lanjut usia terlihat bercengkerama di salah satu meja saat saya memasuki kedai kopi ini. Di sudut lain, seorang perempuan muda tengah sibuk dengan laptop-nya, ditemani dengan secangkir es kopi. Setelah duduk manis, saya pun memesan kopi susu dan Aroma Cheese.

Kopi susu di sini memiliki aroma yang kuat dan menggoda. Rasanya tajam dan manis, namun masih menyisakan tekstur yang sedikit creamy karena susunya yang pas. Mencoba Aroma Cheese, indra perasa saya langsung diserbu sensasi rasa manis dan asin secara bersamaan. Dilumuri mentega dan lapisan renyah di bagian luar, rasanya semakin lengkap dengan bagian isi yang lembut dan lumer di mulut. Kombinasi kopi dan cheese stick ini menjadi hidangan sempurna bagi saya untuk menikmati suasana tenang Kota Bandung siang hari itu.

Jl. Alkateri No. 22,
Bandung
T: 022 420 1841
Buka setiap hari, pukul 06.30-22.00 WIB
Harga: Rp.30.000/US$2,20 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *