Bangka: Rumah Makan Mr. Asui


Sudah disepakati secara umum bahwa Rumah Makan Mr. Asui merupakan penjaja hidangan laut terpopuler di Bangka – dan juga tertua. Reputasinya terbukti saat menjadi restoran pertama yang disarankan oleh sopir yang mengantar saya.

Didirikan oleh Koh Asui pada 1993 dan bertempat di dalam toko berukuran medium di Jl. Yang Zubaidah, Kampung Bintang – surga kuliner yang populer di Bangka – tempat ini menjamu banyak pengunjung setiap harinya. Untuk mencapainya, para pelanggan harus melewati sebuah gang kecil, yang agak tidak biasa.

rumah makan mr asui rumah makan mr asui

Saya sengaja datang sekitar jam 17.30; tepat sebelum keramaian pada jam makan malam. Saat saya masuk, hanya ada beberapa grup di dalam. Saya memesan udang rica-rica dan cumi-cumi bakarnya. Untuk ukuran restoran seafood, pelayanannya cukup cepat, dan saat disajikan di atas meja, saya terkejut melihat penampilan udang rica-ricanya. Berdasarkan namanya, saya mengharapkan udang goreng pedas. Namun, yang saya dapat justru seporsi udang goreng renyah dengan saus mentega.

Meski demikian, saya sama sekali tidak menganggapnya sebagai sebuah kekurangan. Teksturnya yang renyah dan saus manisnya yang creamy menyempurnakan satu sama lain, sementara tambahan potongan cabai cayenne menambah tingkat kesegarannya. Di sisi lain, cumi-cumi bakarnya polos, tetapi segar dan meninggalkan rasa asin dengan tekstur yang kenyal.

Jl. Yang Zubaidah No. 242,
Bangka
T: (0717) 423 772
Buka setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB
Rp80.000/US$6,20 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *