Batam: Morning Bakery


Memiliki beberapa cabang di Batam, Morning Bakery merupakan salah satu toko roti tertua dan terpopuler di pulau tersebut. Pertama kali dibuka 20 tahun yang lalu, toko ini tidak hanya menjual roti dan pastry. Ada beraneka ragam hidangan gurih dalam menunya, antara lain ayam goreng, nasi lemak, dan mi lendir (mi kuning kental dalam saus kacang).

Karena buka sejak pagi, Morning Bakery cenderung ramai pada jam sarapan. Saya sampai pada jam sembilan pagi dan harus menunggu selama lima menit sebelum mendapatkan meja. Sesaat setelah duduk, saya langsung memesan semua hidangan yang saya sebut tadi.

Yang pertama datang adalah nasi lemak. Disajikan di atas daun pisang, nasinya yang wangi ditemani telur bulat rebus, ikan asin goreng, dan sedikit sambal. Porsinya yang kecil membuatnya cocok disantap saat sarapan.

morning bakery morning bakery

Saat masih melahap nasi lemak, mi lendir dan ayam goreng pesanan saya diletakkan di atas meja. Berhubung saya belum pernah mencicipi mi lendir, saya langsung mencoba hidangan khas Batam tersebut. Sayangnya, mi kuning dan saus kacang yang disajikan di sampingnya terasa sangat hambar, bahkan irisan cabai di atasnya tak membantu.

Kecewa, saya sisihkan sisanya dan beralih ke ayam goreng. Ternyata hidangan yang satu ini lezat. Hidangan ini disajikan dalam potongan-potongan kecil dengan sambal di sisinya. Daging ayamnya direndam dalam campuran rempah-rempah, yang membuatnya terasa gurih dan lezat, dengan sedikit rasa asam. Ketika dicocolkan ke sambal, kombinasi rasa pedas dan gurih menari indah di atas lidah saya.

Komp. Windsor, Phase 1,
Jl. Pembangunan Blok 3, No. 6-7,
Lubuk Baja, Batam
T: (077) 845 3556
Buka setiap hari dari jam 07.00-20.00 WIB
Rp20.000/US$1,50 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *