Batam: RM Mie Tarempa


Sebuah daerah kecil di Kepulauan Anambas—kepulauan mungil di Provinsi Kepulauan Riau—Tarempa dikelilingi lautan, sedikit terisolasi dari dunia luar, dan belum banyak diketahui orang. Meski demikian, Tarempa memiliki dua hidangan berbasis ikan yang mendulang perhatian dan pengakuan yang layak dari warga pulau tetangga, Batam.

RM Mie Tarempa terletak di Jalan Laksamana Bintan dan telah menjadi tempat andalan untuk mencicipi hidangan-hidangan khas setempat. Baru berdiri selama lima tahun, tempat ini cenderung ramai setiap harinya. Kenyataan ini mendorong pemiliknya untuk membuka cabang di Batam Centre. Dalam kunjungan perdana ini, saya harus mencoba hidangan-hidangan khasnya: mi tarempa lembab (mi yang digoreng dalam kuah kental) dan luti gedang (roti goreng berisi abon ikan).

Pada pandangan pertama, mi berwarna merah dalam mi tarempa memiliki tekstur lembab, yang mengingatkan saya akan mi aceh. Namun, mi gepeng dan topping ikannya membuat rasa hidangan ini berbeda. Tekstur minya tebal dan kenyal, berpadu indah dengan kuahnya yang agak pedas merica. Dicampur dengan bawang goreng, topping ikan segarnya menambahkan sentuhan lembut dalam hidangan ini.

Luti gendangnya juga memiliki rasa pedas-gurih yang serupa, dengan abon ikan dan roti goreng yang berpadu apik. Saking enaknya, saya membeli sekotak penuh hidangan tersebut.

Komplek Graha Mas, Blok J, No. 10,
Jl. Laksamana Bintan, Batam, Kepulauan Riau
T: 0811 777 6800
Buka setiap hari dari jam 07.00-18.00 WIB
Rp.20.000/US$1,50 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

  1. Qony

    25 Desember

    Tolong diperhatikan stand mie tarempa yang di keprimall batam pelayanan lambat sekali sudh dua kali saya mkn ditmpt tdk bagus pelayanannya dan saya sangat kecewa trimakasih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *