READING

Batam: RM Tiam Huat

Batam: RM Tiam Huat

Meski kini terkenal dengan nama sop ikan windsor, RM Tiam Huat awalnya menjajakan lontong mi saat pertama kali berdiri 15 tahun silam. Sekalinya mereka mengubah fokus dagangannya ke sop ikan, sisanya, seperti kata orang, menjadi sejarah.

Tokonya penuh dengan kerumunan pelanggan saat saya datang pada jam makan siang. Interiornya mengingatkan saya akan kedai kopi di Singapura dan Malaysia. Ada dua tipe hidangan ikan di RM Tiam Huat: sop ikan dan ikan asam manis pedas. Restoran ini boleh berbangga dengan kebijakannya untuk hanya menggunakan ikan tersegar, dan saya telah membuktikannya dengan absennya aroma amis di kedua hidangan yang saya pesan.

Walau memakai bahan-bahan yang serupa, rasa kedua hidangan ini sama sekali berbeda. Sop ikannya disajikan dalam sup bening dengan tomat hijau segar dan sayuran asin yang menghasilkan gigitan rasa asin dan asam yang menyegarkan.

sop ikan tiam huat

Saus yang menyelimuti ikan asam manis pedasnya dibuat dengan racikan beragam bahan, termasuk di antaranya nanas, cabai, serta tomat hijau dan merah. Sesuai namanya, racikan ini menghasilkan campuran rasa manis, asam, dan pedas yang kompleks, tetapi memuaskan.

Sekarang, terlepas dari penilaian positif yang saya berikan kepada tempat makan ini, ada satu kekurangannya: tidak ada satu pun penyejuk ruangan di RM Tiam Huat. Mau tak mau, Anda harus melahap makanan panas Anda sambil menahan suhu udara Batam yang juga panas.

Komplek Windsor Central,
Blok B, No. 18, Sogos, Batam,
Kepulauan Riau
Buka setiap hari dari jam 07.00-13.00
Rp75.000/US$5,70 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *