READING

Batu/Malang: Pos Ketan Legenda 1967

Batu/Malang: Pos Ketan Legenda 1967


“Ketan Susu Durian di sini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis yang tidak berlebihan, padahal saya memilih susu kental dan durian sebagai topping.

Kunjungan ke Malang tidak akan lengkap rasanya tanpa mampir ke Kota Batu. Terletak dekat dengan pusat Kota Malang, kota kecil ini merupakan rumah bagi sederetan daya tarik wisata, seperti Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan Batu Secret Zoo. Untuk mengakhiri kunjungan Anda dengan sempurna, saya rekomendasikan untuk mampir ke Alun-Alun Kota Batu, dimana Anda akan menemukan Pos Ketan Legenda 1967.

Berada di sebelah barat kota, tidak ada yang mewah dari penampilan tempat makan ini – interiornya hanya dilengkapi dengan meja dan kursi plastik biasa. Namun, statusnya sebagai rumah makan ikonik di Kota Batu tidak perlu diragukan lagi.

Sesuai dengan namanya, Pos Ketan Legenda menawarkan hidangan ketan dengan beragam pilihan topping sebagai menu andalan. Telah beroperasi sekitar tiga generasi, reputasi tempat makan ini terukir seiring dengan sejarah kota. Tidak heran kalau pelanggan selalu memadati area makannya, terlebih lagi saat malam hari. Mengingat namanya yang sudah sangat populer, saya hanya perlu mampir dan mencoba makanan di sini. Saya pun memesan ketan saus durian, ketan susu keju meises, dan segelas teh jahe dari daftar menu. Kurang dari lima menit, pesanan saya langsung tiba.

Sekilas, sajian ini tidak terlihat menggoda – mungkin karena presentasinya yang kurang rapi dengan ukuran piring yang cukup kecil. Beruntung, rasanya jauh lebih baik dari penampilannya. Ketan Susu Durian di sini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis yang tidak berlebihan, padahal saya memilih susu kental dan durian sebagai topping. Sementara itu rasa ketan susu keju meises-nya cukup familiar, tidak jauh berbeda dengan hidangan serupa yang pernah saya cicipi. Ditutup dengan teh jahe, minuman ini menjadi penyeimbang rasa manis dari ketan, dan merupakan penghangat badan yang efektif di tengah dinginnya udara di Kota Batu.

Jl. Kartini No. 6
Batu, Jawa Timur
Telp: 0813 3431 3353
Buka setiap hari, pukul 16.30-04.00 WIB
Harga mulai dari Rp.5.000/US$0,40 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *