Belitung: Mie Belitung Atep


Pulau Belitung tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang mengundang decak kagum banyak orang. Keragaman kulinernya pun terbilang cukup unik dan menggugah selera. Salah satu kuliner khas daerah ini adalah mi belitung, yang saya temukan di kedai Mie Belitung Atep ketika mengunjungi Tanjung Pandan.

Mengingat kedekatan Pulau Bangka dan Pulau Belitung, baik secara geografis maupun budayanya, saya berasumsi bahwa bentuk hidangan ini pun akan memiliki karakteristik yang serupa dengan makanan khas tetangganya, yaitu mi bangka. Kenyataannya, kedua hidangan tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, mulai dari isi racikannya hingga cara penyajiannya.

Nama mi belitung sendiri memang sudah cukup tersohor. Bahkan, gaungnya pun cukup akrab di telinga turis-turis domestik dari Jakarta dan berbagai daerah lain di Pulau Jawa. Bila Anda bertandang ke warung ini, Anda akan melihat dinding ruangannya yang sederhana dihiasi banyak foto selebriti ibu kota yang pernah singgah.

mie belitung atep

Letaknya yang strategis, tepat di jantung kota Tanjung Pandan, menjadi salah satu alasan Mie Belitung Atep selalu disesaki pelanggan setiap hari. Namun, ramainya pengunjung saat saya di sana tidak mengganggu ritme pelayanan mereka. Pesanan mi belitung saya disajikan dengan cepat, tidak lebih dari lima menit.

Mi belitung adalah mi kuning yang disajikan dengan kuah yang agak manis, kentang, potongan kekian, udang goreng, mentimun, dan taoge. Dengan tambahan kerupuk emping, santapan berkuah ini terasa lebih nikmat.

Menurut saya, kekuatan hidangan ini terletak di udang-udang kecilnya yang digoreng kering, yang memberikan sentuhan tekstur renyah dan rasa gurih. Minya yang diolah sendiri menawarkan tingkat kelembutan dan kekenyalan yang seimbang. Komposisi yang nyaris sempurna ini bisa membuat Anda ketagihan.

Jl. Sriwijaya No. 27,
TanjungPandan
T: 0719 21464
Buka setiap hari, pukul 08.00 – 20.00 WIB
Rp20.000/US$1,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

  1. […] cukup unik dan menggugah selera. Salah satu kuliner khas daerah ini adalah mi belitung, yang Good Indonesian Food temukan di kedai Mie Belitung Atep ketika mengunjungi Tanjung […]

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *