Belitung: Warung Kopi Ake


Berbahagialah Anda, para pencinta kopi yang hendak bertandang ke Pulau Belitung. Kebutuhan Anda akan secangkir kopi yang nikmat dijamin akan terpuaskan karena ada banyak kedai kopi yang bertebaran dan menjadi daya tarik pulau ini. Salah satu yang patut mendapat perhatian Anda adalah Warung Kopi Ake. Kedai kopi lawas di Kota Tanjung Pandan ini bisa jadi pilihan yang pas untuk disinggahi pada pagi hari.

Karena terletak di pusat kota, Warung Kopi Ake mudah dijangkau. Warung ini pun menjadi tempat favorit warga setempat untuk bersantai sambil menyesap secangkir kopi nikmat.

Berdiri pada 1921, kedai kopi ini bisa dikatakan sebagai yang tertua di Kota Tanjung Pandan. Akan tetapi, jangan harap Anda akan melihat kedai kopi ini berjualan di bangunan tua dan antik. Tempatnya yang lama telah diganti oleh jajaran ruko bergaya modern.

warung kopi ake warung kopi ake

“Warung kami yang lama sebelumnya berada tepat di lokasi ruko-ruko ini berdiri. Beberapa tahun silam, pihak pemerintah daerah melakukan peremajaan besar-besaran di sini. Banyak kios tua di daerah ini yang dirobohkan dan digantikan dengan bangunan ruko. Kebanyakan pemilik ruko di sini adalah mereka yang dulu berjualan di lingkungan ini juga,” ujar sang pemilik Warung Kopi Ake.

Warung yang beroperasi dari pagi hingga tengah malam ini biasanya ramai dikunjungi pada jam sarapan dan menjelang tengah malam. Tempat ini biasanya dijadikan titik berkumpul anak-anak muda Tanjung Pandan yang ingin sekadar bersua dan bercengkerama di malam hari, terlebih pada akhir pekan. Pada hari Minggu, Warung Kopi Ake hanya beroperasi hingga jam dua siang.

Menu yang disajikan kedai kopi ini terbilang cukup sederhana – hanya tersedia beberapa pilihan kopi, seperti kopi susu dan kopi hitam, serta teh manis dan teh tarik. Di dalam ruangan warung yang sederhana ini terpajang beberapa foto keluarga sang pemilik. Sedikit-banyak, hal ini bisa mengajak pengunjung bernostalgia dengan suasana tempo dulu Warung Kopi Ake. Jelas terlihat bahwa warung ini memang didedikasikan untuk para pelanggan setianya serta orang-orang sekitar yang semata-mata ingin berkumpul dan bertukar cerita.

Kawasan KV Senang
Jl. Veteran No.57,
Tanjung Pandan
Buka setiap hari, pukul 06.00 – 00.00 WIB (hari Minggu tutup jam 14.00 WIB)
Rp10.000/US$0,75 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

  1. […] karena ada banyak kedai kopi yang bertebaran dan menjadi daya tarik pulau ini. Salah satu yang Good Indonesian Food (GIF) rekomendasikan adalah Warung Kopi Ake. Kedai kopi lawas di Kota Tanjung Pandan ini bisa jadi […]

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *