Berkunjung ke Malang


Lima rumah makan terbaik di kota terbesar kedua di Jawa Timur

Menulis soal dunia kuliner selama beberapa tahun terakhir, membuat saya percaya diri untuk mengatakan kalau saya cukup berpengalaman soal makanan. Tidak jarang, orang-orang di sekitar saya pun bertanya soal rekomendasi makanan atau restoran kepada saya. Belajar dari pengalaman, kali ini saya akan menyebutkan lima rumah makan di Malang yang saya rekomendasikan untuk kunjungan Anda selama berada di kota ini.

Depot Hok Lay
Didirikan pada 1946, Depot Hok Lay merupakan salah satu rumah makan tertua di Malang. Ini dapat dilihat dari desain interior restorannya yang sangat antik. Dalam daftar menunya, Anda dapat menemukan beberapa hidangan Malang yang ikonik, seperti cwie mie. Untuk minumannya, coba Fosco yang merupakan minuman andalan restoran ini. Tekstur mi dalam cwie mie di sini sangat lembut, sementara Fosco-nya – minuman susu dan cokelat yang disajikan dalam botol Coca Cola – hanya dapat Anda peroleh di sini.

malang-heritage-depot hok lay

Puthu Lanang Celaket
Semakin sering saya menulis soal makanan, semakin sering pula saya menghindari pemberian cap “makanan terenak yang pernah saya cicipi” untuk hidangan tertentu. Namun, kue putu buatan Puthu Lanang Celaket merupakan pengecualian. Hanya dengan harga Rp10.000 per porsi, kue putu ini tidak diragukan lagi merupakan kue putu terenak yang pernah saya coba sepanjang hidup saya. Teksturnya sangat lembut, dan memiliki perpaduan rasa yang pas antara manis dan gurih.

malang-heritage-putu lanang celaket

Pos Ketan Legenda
Kota Batu merupakan kota kecil yang terletak tak jauh dari pusat Kota Malang. Meskipun kecil, kota ini memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan, diantaranya Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan Batu Secret Zoo. Meski demikian, destinasi manapun yang akhirnya Anda tuju, kunjungan ke kota ini tidak lengkap sebelum mampir ke Pos Ketan Legenda. Berada tepat di depan Alun-Alun Kota Batu, kios kecil ini sudah berdiri sejak 1967 dan menjual beragam hidangan ketan yang lezat.

malang-heritage-pos ketan legenda

Wedang Titoni
Mengingat udaranya yang cenderung dingin, minuman wedang merupakan pilihan yang tepat bagi Anda untuk menghangatkan diri selama di Malang. Cobalah mampir ke Wedang Titoni – didirikan pada 1948 – dan rasakan minuman wedang andalannya yang dijamin akan menghangatkan tidak hanya perut, tetapi juga malam Anda.

malang-heritage-wedang ronde titoni

Bakso Bakar Pak Man
Salah satu makanan khas Malang adalah bakso malang, dan kebanyakan orang akan langsung menuju satu kedai ITU (yang lokasinya tepat di samping rel kereta) ketika berburu bakso malang di sini. Namun, saya memilih untuk pergi ke Bakso Bakar Pak Man. Dengan dua pilihan bakso yang tersedia – kuah atau bakar – keunggulan bakso buatannya terletak pada teksturnya yang kenyal dan rasanya yang sudah pasti juara.

malang-classic-bakso bakar pak man


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *