READING

Bogor: Pepes Sagu Suryakencana

Bogor: Pepes Sagu Suryakencana


“Pepes sagu pisang ini disajikan hangat, dengan tekstur yang lembut dan kenyal, yang akan memanjakan lidah Anda seperti seorang ibu memeluk anaknya.

Pengarang asal Amerika, Ernestine Ulmer, pernah berkata, “Hidup itu tidak jelas; makanlah pencuci mulut terlebih dahulu.” Walaupun saya tidak menyarankan Anda mengikuti kata per katanya, dan memulai sesi makan dengan sesuatu yang manis, kata-katanya selaras dengan perasaan saya kepada hidangan pencuci mulut secara umum: menyerah kepada keinginan untuk makan makanan manis bukanlah sebuah dosa. Pernyataan ini semakin nyata ketika berhubungan dengan pepes sagu pisang yang ada di Bogor.

Didirikan oleh Madame Beben, Pepes Sagu Suryakencana telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. Daniel—anak Madame Beben—sekarang menjalankan bisnis ini sejak 1987. Nah, sekarang, mungkin Anda bertanya-tanya apa yang spesial dari pepes sagu pisang. Izinkan saya untuk menjelaskannya lebih lanjut.

Pertama-tama, Daniel adalah satu-satunya penjual camilan manis ini. Kedua, kombinasi pisang, sagu, ketan, dan gula aren—semuanya dibungkus menggunakan daun pisang—akan memberikan rasa manis yang lembut yang tidak akan membuat Anda kelebihan gula. Terakhir, makanan ini disajikan hangat, dengan tekstur yang lembut dan kenyal, yang akan memanjakan lidah Anda seperti seorang ibu memeluk anaknya. Makanlah sebanyak Anda mau dan Anda tidak akan merasa begah. Kecuali Anda terlalu banyak melahapnya.

Untuk menyimpulkan penjelasan saya, pepes sagu pisang menjadi makanan yang tepat untuk mengakhiri pelesir kuliner di Bogor, yang saya tebak pasti berkisar pada makanan berat, seperti soto kuning dan soto mie.

Selain pepes sagu pisang, gerai Daniel juga menjual pepes nangka (nangka dibalut daun pisang)—hidangan pencuci mulut yang baru-baru ini kami ketahui keberadaannya dan kami jamin akan memberikan lidah Anda kenikmatan. Ini bisa dibuktikan mulai dari Anda membuka balutannya, yang menguarkan aroma nangka yang menggiurkan yang menyentil indra penciuman Anda dan menggoda otak Anda. Nangkanya membuat hidangan ini terasa sedikit lebih manis dari pepes sagu pisang, tapi tetap terasa lezat.

Jl. Suryakencana,
Bogor, Jawa Barat
Telp: 087870007855
Buka setiap hari, pukul 09.00–17.30 WIB
Rp5.000–6.000/US$0,30–0,40 per buah


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *