READING

Bukittinggi: Lansano Jaya

Bukittinggi: Lansano Jaya


Rumah makan ternama di Bukittinggi yang menjajakan itiak lado hijo (tumis daging bebek dengan cabai hijau), Lansano Jaya merupakan tempat terbaik untuk mencicipi hidangan menggiurkan ini di antara sejumlah tempat makan lainnya di Ngarai Sianok. Sudah beroperasi selama sekitar sepuluh tahun, rumah makan ini sudah mencuri hati dan perut warga setempat. Bahkan, ada yang rela mengemudi selama dua jam dari Padang hanya untuk menikmati hidangan menyegarkan ini.

Di samping hidangannya yang lezat, Anda juga bersantap sambil menikmati pemandangan Ngarai Sinok. Bertempat di toko yang luas, rumah makan ini memiliki sejumlah pondok di sisi bangunan utama. Di sana, para pelanggan dapat menikmati hidangan di luar ruangan. Jika Anda pikir tempat ini hanya menyajikan hidangan bebek, Anda salah besar. Nyatanya, tempat ini juga menyajikan beragam makanan Minang, mirip warung-warung nasi di Padang dan Bukittinggi. Namun, yang menjadi sorotan utama tetap makanan khasnya.

Memiliki lidah yang sudah terbiasa mencicipi sambal hijau yang ditawarkan di restoran-restoran Padang, saya agak kecewa dengan racikan yang menemani itiak lado hijo. Sambal ini dimasak dengan cara yang berbeda dengan versi aslinya, yang membuat saya sedikit bergidik. Saat melahap gigitan pertama bersama daging bebeknya, saya langsung berubah pikiran. Terlempas dari teksturnya yang creamy, sambal hijaunya dibumbui dengan sempurna dan terasa sangat pedas. Sambal ini membuat daging bebeknya yang empuk dan tidak amis menjadi makin lezat.

Jl. Binuang, Sianok Anam Suku,
Bukittinggi
T: (0752) 744 4615
Buka setiap hari dari jam 09.00-20.00 WIB
Rp50.000/US$3,80 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *