READING

Bukittinggi: Mie Ayam Pangsit Bukit Apit

Bukittinggi: Mie Ayam Pangsit Bukit Apit


Sumatra Barat merupakan rumah untuk berbagai hidangan yang dibuat dari santan. Ini terbukti dari kunjungan saya ke Padang dan Bukittinggi, di mana mayoritas makanan yang saya cicipi di sana menggunakan santan sebagai bahan utama.

Saat di Bukittinggi, saya mampir ke Pasar Atas untuk mencari hidangan lokal. Ketika saya mengunjungi Jembatan Limpapeh – bangunan ikonik di kota ini – sebuah gerai makan tepat di sampingnya, dengan papan nama berwarna kuning bertuliskan “Mie Ayam Pangsit Bukit Apit” menarik perhatian saya. Saya pun spontan mampir ke sana.

Berdiri pada 1989, gerai ini tidak hanya menawarkan mie ayam pangsit dalam daftar menu. Tersedia pula bubur ayam, lontong sayur, bihun goreng, dan bubur kacang hijau bagi para pengunjung.

Waktu menunjukkan pukul 08.30 ketika saya memasuki rumah makannya, dan rupanya sudah terdapat sejumlah pelanggan yang sedang sarapan di sana. Tidak terlalu mengejutkan, mengingat sebagian besar menu di sini merupakan menu khas sarapan.

Karena mie ayam pangsit merupakan menu andalan di sini, saya pun memesan satu porsi. Terdiri dari mie, suwiran ayam goreng, sawi cina, dan bawang goreng, hidangan ini dilengkapi juga dengan semangkuk kuah pangsit segar. Mirip dengan mie ayam yang biasa dijajakan di pinggir jalan Kota Jakarta, rasa dan tekstur mie di sini tidak terlalu spesial. Namun, secara keseluruhan, rasanya cukup memuaskan. Kuah pangsitnya yang hambar, dapat menyeimbangkan rasa mie ayamnya yang gurih.

Setelah berhari-hari mengonsumsi hidangan bersantan, mie ayam ini merupakan pilihan tepat sebagai alternatif menu bersantap di Bukittinggi.

Jl. Ahmad Yani,
Bukittinggi
Buka setiap hari, pukul 06.00-17.00 WIB (Senin tutup)
Rp.15.000/US$1,10 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *