READING

Bukittinggi: Rumah Makan Family Benteng Indah

Bukittinggi: Rumah Makan Family Benteng Indah


Ada cukup banyak hidangan Minang yang menjadi perhatian publik dan berhasil mendobrak masuk dalam jajaran makanan populer Indonesia—salah satunya ayam pop. Penelusuran singkat di internet akan menguak fakta bahwa hidangan ini berasal dari Bukittinggi. Saat mengunjungi kota tersebut, saya memanfaatkan kesempatan untuk menyambangi sebuah tempat makan yang terkenal menjajakan ayam pop terbaik sekota: Rumah Makan Family Benteng Indah.

Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, berseberangan dengan pintu masuk Benteng Fort De Kock’s, tempat ini berbagi lahan parkir dengan benteng bersejarah tersebut. Bangunan tokonya memiliki atap runcing, mirip dengan desain atap Rumah Gadang (rumah tradisional Minangkabau) dan ukurannya cukup luas—mampu menampung hingga 80 pelanggan. Tak lekang oleh waktu, bahkan sampai 40 tahun lebih, kesuksesan yang mereka capai membuat bisnisnya menjadi makin kuat. Sejumlah cabang telah dibuka di sekitar kota, sementara toko pertamanya di luar Bukittinggi bisa ditemukan di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

rumah makan family benteng indah

Seperti restoran-restoran Padang lainnya, setiap hidangan disajikan di atas piring-piring kecil dan ditumpuk di atas meja. Saya langsung mengambil seporsi ayam pop dan menaruhnya di atas sepiring nasi. Empuk dan nikmat, ayamnya tidak terlalu berminyak seperti ayam pop dari tempat-tempat makan serupa. Sepiring saus tomat pedas bersantan disajikan di sampingnya, yang menambahkan rasa segar ke ayam kukusnya yang gurih.

Jl. Yos Sudarso No. 4,
Bukittinggi
T: (0752) 21102
Buka setiap hari dari pukul 08.00-21.00 WIB
Rp50.000/US$3,70 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *