READING

Bukittinggi: Rumah Makan Selamat

Bukittinggi: Rumah Makan Selamat


Bisa dibilang bahwa kebanyakan turis datang ke Bukittingi untuk menikmati makanan lokalnya yang beraneka ragam. Kalau Anda salah satu dari mereka, pastikan Anda tidak lupa mengunjungi Rumah Makan Selamat yang sudah melegenda. Terletak tak jauh dari Jam Gadang ikonis Bukittinggi, rumah makan ini dianggap sebagai penjaja nasi campur unggulan di daerahnya. Dibangun pada 1937, Rumah Makan Selamat kini dikelola oleh generasi keempat keluarga pendirinya dan masih menempati lokasi yang sama di Jalan Ahmad Yani.

Berdiri di sebuah bangunan toko yang mampu memuat sekitar 80 pelanggan, tampilan interiornya mirip rumah makan Padang yang biasa Anda temui di Jakarta. Makanannya dipajang di jendela. Saat jam makan siang, tempat ini menjadi ramai; berbagi meja dengan pelanggan lain pada waktu ini sudah biasa.

rumah makan selamat rumah makan selamat

Mendengar bahwa rendang daging dan ikan bakarnya paling dicari-cari pelanggan di sini, mencicipi kedua hidangan tersebut menjadi misi saya. Rendang dagingnya—disajikan di atas sepiring nasi putih, tumis tauge, dan keripik singkong—dibumbui dengan dermawan, memiliki tekstur yang empuk, dan meninggalkan sedikit rasa merica di lidah. Gurih dan lembut, ikan bakarnya menawarkan sensasi pedas yang nikmat. Setelah mencoba keduanya, saya bisa mengonfirmasikan bahwa rumor yang beredar memang benar. Sekarang saatnya Anda yang mencobanya sendiri.

Jl. Ahmad Yani No. 18,
Bukittinggi
T: (0752) 22959
Buka setiap hari dari jam 06.00-21.30 WIB
Rp40.000/US$3 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *