Camilan Tengah Malam


Agak sedikit menyebalkan memang ketika rasa lapar menyerang pada tengah malam. Sementara teman kita di negara lain harus puas dengan makanan beku atau beranjak ke minimarket, kita di Indonesia lebih beruntung karena masih banyak pilihan jajanan yang tersedia di luar sana pada jam-jam kritis tersebut – mulai dari makanan berat sampai camilan. Salah satu yang paling populer adalah martabak. Terdapat dua varian martabak, yakni martabak manis dan martabak telur. Saat ini, jenis isian martabak juga semakin bervariasi, meskipun mayoritas masih setia memilih tipe klasik. Berikut ini beberapa vendor martabak paling populer di ibu kota:

Martabak Pecenongan 65A
Tidak banyak penjual martabak pada periode 1970-an, dan peluang inilah yang dilihat oleh salah satu apoteker tradisional dari Bandung. Hijrah ke ibu kota, dia pun membuka gerai martabak di Jalan Pecenongan – sebuah jalanan yang sepi pada saat itu. Sekarang, Pecenongan telah menjadi salah satu tujuan kuliner favorit di Jakarta, salah satunya berkat Martabak Pecenongan 65A. Perlu dicatat, vendor ini juga bisa dibilang merupakan pelopor martabak modern setelah memperkenalkan martabak Nutella dan martabak Toblerone pada 2013.

Martabak Boss
Sering disebut sebagai pesaing Martabak Pecenongan 65A karena sama-sama menyandang status pelopor martabak modern. Salah satu kreasinya yang populer adalah Red Velvet Oreo dan Steak Gokil (martabak gurih berisi tuna, jagung, dan keju). Anda dapat membuktikan kepopuleran vendor martabak ini dengan mudah melalui panjangnya antrian di depan kiosnya yang berupa kontainer.

Martabak Orins
Terinspirasi dari kebiasaan unik sang anak yang suka memisahkan dua lapisan martabak manis sebelum memakannya, Sonny Adryanto menciptakan menu Martabak Pizza Special. Menu andalan Martabak Orins ini disajikan dalam satu lapisan saja dan berbentuk pipih seperti pizza. Dengan 14 varian, mulai dari cokelat kacang wijen, teh hijau, sampai Kit Kat, Martabak Orins berhasil menyajikan hidangan martabak lezat, baik yang konservatif, maupun modern.

Martabak 999
Jika tiga vendor martabak di atas populer akan sajian martabak manisnya, Martabak 999 lebih dikenal akan tipe martabak telurnya yang lezat. Yang membuat martabak asinnya begitu populer adalah penggunaan daging potongnya yang besar, alih-aling daging cincang biasa. Camilan tengah malam yang sempurna.

Martabak Kubang Hayuda
Meskipun digemari karena porsi daging martabaknya yang banyak, Martabak Kuband Hayuda juga menawarkan bumbu dan bahan martabak yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Vendor yang satu ini mendatangkan langsung bumbu dari Padang, sehingga menghasilkan sajian martabak yang kaya akan rasa. Coba saja cicipi hidangan khasnya berupa Roti Cane Kari ketika berkunjung ke sini.


Monica Livia is the youngest contributing writer in Good Indonesian Food. Born and bred under the watchful eyes of her grandmother, who happens to be a baker, she has been falling in love with food since she was a wee kid.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *