READING

Empat rumah makan soto mi favorit

Empat rumah makan soto mi favorit


Setiap kali ditanya soal makanan favorit, saya selalu menjawab dengan soto mi. Terdiri dari bihun, mi kuning, potongan daging, tomat, kentang goreng, dan disajikan dengan kaldu sapi, soto mi merupakan comfort food yang dapat ditemukan dengan mudah di Jakarta – mulai dari gerobak kaki lima pinggir jalan, sampai restoran bintang lima. Di antara ratusan penjaja soto mi yang tersebar di Jakarta-Bogor, empat rumah makan ini berada di posisi teratas dalam daftar saya.

Soto Mie Bakso Sarodja

Satu hal yang membuat Soto Mie Sarodja unik dibandingkan dengan para kompetitor adalah penggunaan bakso dalam menunya. Kombinasi keduanya terlalu luar biasa untuk dijelaskan, dan saya yakin banyak pelanggan setia kedai ini yang berpendapat serupa. Konon, katanya jejeran presiden republik ini kerap menjadi pengunjung reguler Soto Mie Bakso Sarodja – mulai dari mereka yang memimpin di era Orde Baru sampai Susilo Bambang Yudhoyono.

Soto Mie Lautze

Sebelumnya menempati kios kecil di Krekot, Jakarta Pusat, Soto Mie Lautze telah berkembang dengan pesat hingga kini memiliki sejumlah cabang di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta. Harganya mungkin sedikit mahal, tapi Anda akan segera maklum begitu melihat porsinya yang besar.

Soto Mie Agih

Dulu, saya dan orangtua sering kali bangun pagi saat akhir pekan dan berkendara ke Kota Bogor demi mengunjungi Soto Mie Agih. Penggunaan daging babinya yang cukup banyak dalam mi, membuatnya berbeda dengan soto mi lain di pasaran. Mi di sini berisikan mi kuning, bakut, lobak, lemak babi garing, dan bawang yang digoreng dengan lemak babi.

Rumah Makan Mpo’ Rohaye

Bisa dibilang restoran favorit keluarga, Rumah Makan Mpo’ Rohaye memiliki spesialisasi hidangan Betawi. Meski demikian, salah satu alasan saya begitu menyukai tempat makan ini adalah sajian soto mi buatannya. Mulai dari banyaknya porsi daging dan kikil di dalamnya, sampai rasa kuahnya yang lezat – soto mi di sini layak menjadi teladan bagi vendor soto mi lain di Jakarta. Selain soto mi, Rumah Makan Mpo’ Rohaye juga menawarkan hidangan khas Betawi, seperti nasi uduk, opor ayam, dan masih banyak lagi.


Monica Livia is the youngest contributing writer in Good Indonesian Food. Born and bred under the watchful eyes of her grandmother, who happens to be a baker, she has been falling in love with food since she was a wee kid.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *