READING

Jakarta: Asinan Kamboja H. Mansyur

Jakarta: Asinan Kamboja H. Mansyur

“Sebuah makanan khas Betawi yang terdiri atas kol cina, kubis, tauge, tahu, dan selada, asinan sayur ini merupakan hidangan menarik yang patut dicoba.”

Ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang Asinan Kamboja H. Mansyur. Pertama-tama, warung asinan betawi ini tersembunyi di sebuah kompleks perumahan di bilangan Jakarta Timur. Kedua, jika kebanyakan orang menyukai rasa nano-nano yang berlebihan, hidangan kali ini memiliki rasa yang pas—rasa asam dan pedasnya tidak saling tumpang tindih.

Kisah tentang Asinan Kamboja H. Mansyur dimulai pada 1970. Pada saat itu, Bang Mansyur—panggilan akrab yang diberikan oleh penduduk wilayah tersebut—menjalankan dua pekerjaan sekaligus. Siang hari, dia berjualan asinan sayur yang dibuat oleh ibunya. Pada malam hari, dia bekerja sebagai penjaga keamanan di wilayah tersebut. Kerja kerasnya terbayar ketika asinan sayurnya mulai dikenal orang. Hal ini membuatnya membuka satu-satunya toko pada 1980.

Awalnya, warung ini—terletak di Jalan Taman Kamboja—hanya menjual asinan sayur. Namun, karena permintaan yang bertambah, Bang Mansyur menambahkan asinan buah ke dalam menunya pada 1990. Sebuah makanan khas Betawi yang terdiri atas kol cina, kubis, tauge, tahu, dan selada, asinan sayur ini merupakan hidangan menarik yang patut dicoba. Sementara itu, asinan buahnya terdiri atas buah-buahan tropis, seperti mangga, nanas, dan bengkuang. Dikenal juga sebagai asinan bogor, rasanya sama lezatnya seperti versi sayurnya.

Ketika Bang Mansyur meninggal, anak-anaknya melanjutkan warisannya dengan menjalankan bisnis keluarga—dengan berpesan kepada mereka untuk tidak memperluas bisnis dengan membuka cabang lainnya. “Ayah ingin kami tetap bersama. Jika kami membuka toko lain, kami tidak akan bisa bertemu sesering sekarang,” ujar Ayu, menantu Bang Mansyur. Semua anaknya terlibat dalam bisnis asinan ini. “Dan semua keuntungan dibagi rata,” tambah Ayu sambil tersenyum.

Jika Anda menyukai makanan khas Betawi, khususnya asinan, kami menyarankan Anda untuk mengunjungi Asinan Kamboja H. Mansyur. Hal ini sepadan dengan kerumitan yang Anda temui saat mencari tempat ini. Dan pastinya, asinan sayur adalah menu wajib untuk dipilih saat Anda di sana.

Jl. Taman Kamboja No. 10
Rawamangun, Jakarta Timur
Telp: 021 470 7242
Buka setiap hari, pukul 09.30–21.00 WIB
Rp12.000 per porsi/US$1


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *