READING

Jakarta: Ayam Goreng H. Mardun Martinah

Jakarta: Ayam Goreng H. Mardun Martinah


Dari teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, insting Sherlock Holmes yang ada di dalam diri saya langsung menyimpulkan kalau ayam ini direbus dengan beragam bumbu sebelum digoreng.”

Tidak banyak tempat makan di Jakarta yang mendedikasikan diri menyajikan ayam goreng secara eksklusif—kebanyakan warung di jalanan masih memiliki pilihan menu lain, seperti ikan lele dan hidangan laut. Ayam goreng H. Mardun Martinah bukanlah tempat makan biasa. Restoran ini hanya menjual ayam goreng sejak pertama kali berdiri pada 1960-an—sebuah fakta yang membuat saya tertarik mencari tahu lebih banyak.

Terletak di Jalan Mangga Besar Raya—hanya beberapa langkah dari kantor polisi Mangga Besar, toko Ayam Goreng H. Mardun Martinah tidak terlalu besar, dengan kapasitas sekitar 20–25 orang. Beberapa foto almarhum H. Mardun dan istrinya terpampang di dinding. Salah satu foto menarik perhatian saya—sebuah kolase foto tentang tempat makan tersebut, yang diambil dari 1969–1970, seperti tertulis di dalamnya. Hal itu membawa pengunjung mengenang Indonesia tempo dulu.

Cukup nostalgianya, mari langsung menuju ke alasan saya datang ke tempat ini. Saya kaget saat pramusaji datang untuk menata hidangan di meja saya, meletakkan beberapa piring kecil yang berisi hidangan pelengkap untuk menemani ayam goreng, yaitu saus kacang, acar, bawang asam, dan tahu goreng—mengingatkan saya dengan makanan di restoran Korea.

Ayamnya digoreng dengan seksama, membuatnya tidak terlalu kering dan mempertahankan kekenyalan dagingnya. Dari teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, insting Sherlock Holmes yang ada di dalam diri saya langsung menyimpulkan kalau ayam ini direbus dengan beragam bumbu sebelum digoreng. Sebagai hidangan pelengkap, saus kacangnya menjadi juara—tidak terlalu kental dan didominasi dengan rasa pedas yang lembut.

Untuk hidangan yang disantap bersama orang terkasih, menu ini menawarkan porsi satu ekor ayam untuk Anda, teman, dan kerabat.
Dengan hidangan yang menarik ini, bisa dipastikan kalau toko ini berhasil bertahan hingga saat ini. Jika Anda berdomisili di sekitar Jalan Panjang, ada gerai Ayam Goreng H. Mardun Martinah di sana yang wajib Anda kunjungi.

Jalan Mangga Besar Raya No. 90A
Jakarta Barat
Telp: (021) 6290229
Buka setiap hari, pukul 09.30–20.30 WIB
Rp40.000/US$2,90 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *