Jakarta: Dapur Solo Ny Swan


“Dari semua hidangan yang saya coba, selat solo menjadi sajian utama yang membuat saya ingin datang kembali.”

Ibu kota Indonesia dipenuhi banyak tempat makan yang menawarkan beragam hidangan lokal dari berbagai daerah. Singkatnya, kota ini menjadi tempat meleburnya cita rasa Nusantara. Salah satu restoran yang menyajikan hidangan lokal autentik adalah Dapur Solo Ny. Swan, yang menyajikan kuliner khas Solo sejak 1988 .

Dari lima cabang yang ada, kami memutuskan untuk mengunjungi Dapur Solo Ny. Swan cabang Panglima Polim dan segera mengetahui jika menu yang ada di sini tidak hanya menawarkan kuliner khas Solo—yang juga dikenal dengan Surakarta, tetapi juga banyak varian makanan yang berasal dari daerah lain. Setelah membaca pilihan menu yang ada, kami memutuskan untuk mencoba nasi langgi kuning spesial. Menu ini berisi ayam goreng, sambal goreng kentang, abon sapi, potongan telur dadar, keripik kentang, dan sambal manis-pedas. Hidangan tersebut menyimbolkan keberagaman budaya dan etnis di Indonesia.

Hidangan selanjutnya yang kami coba adalah selat solo, yang terdiri atas daging sapi, telur rebus, wortel, kacang panjang, kentang rebus, tomat, dan keripik kentang, dilengkapi acar. Penyelidikan lanjutan mengungkapkan bahwa selat solo termasuk kategori camilan-bebas-rasa-bersalah, cukup ringan untuk diet rendah karbohidrat. Yang menutup kunjungan kami adalah seporsi serabi solo, impian para pencinta camilan manis yang hadir dalam tiga rasa: orisinal, cokelat, dan keju. Dari semua hidangan yang saya coba, selat solo menjadi sajian utama yang membuat saya ingin datang kembali.

Sang pemilik, Ny. Swan, memulai bisnisnya dengan menjual rujak dari sebuah garasi. Kemudian, dengan kerja keras, dia memperluas bisnisnya hingga menjadi restoran yang sukses. Salah satu karyawan membeberkan kalau Ny. Swan sudah melepaskan tugas hariannya dan sekarang mengawasi kerajaan kulinernya dari cabang Sunter, yang berperan sebagai kantor pusat. Sementara itu, anak perempuannya mengawasi bagian operasional.

Jabodetabek-classic-dapur solo Jabodetabek-classic-dapur solo3

Jalan Panglima Polim 1 No. 59
Jakarta Selatan
Telp: (021) 7222311
Buka setiap hari, pukul 09.00–20.30 WIB
Rp40.000/US$3 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *