Tangerang: Es Kode


“Terbuat dari tape asli, seruputan pertama menyisakan rasa asam di mulut, dengan sedikit rasa manis.

Pada 1960, seorang pria yang dijuluki Kode (istilah dalam komunitas Tionghoa di Tangerang yang berarti “kakak”) membuka gerai di Pasar Lama yang menawarkan jus buah segar. Gerai ini tidak punya menu jus detoks atau smoothies rendah lemak, tetapi tetap menjadi populer dari waktu ke waktu, sangat populer sampai menjadi tempat yang wajib dikunjungi mereka yang membutuhkan peredam rasa haus.

Gerai ini, yang kemudian dikenal dengan nama yang sangat kita ketahui, pindah ke area ruko di Jalan Soleh Ali pada 1990. Walau sekarang gerai ini memiliki ruangan yang lebih luas, menunya tetap sama. Pada umur ke-78, Kode masih mengawasi gerainya, meskipun dibantu oleh anak perempuannya.

Hari itu adalah hari yang terik ketika saya pergi ke Tangerang untuk pelesir kuliner. Jadi, saya memasukkan Es Kode ke dalam daftar tempat yang akan saya kunjungi. Saya sampai ke tempat ini tepat sebelum tempat ini mau tutup. Saya bergegas membolak-balik daftar menu yang berisi banyak pilihan jus, mulai dari jambu, melon, stroberi, sampai avokad dan buah naga. Semuanya terlihat familier sampai saya melihat menu tape. Menu ini menggelitik rasa penasaran saya dan tanpa ragu saya memesan jus tape.

Disajikan dingin, indra penciuman saya langsung mengendus aroma tajam yang unik menguar dari gelas. Saya mulai ragu, tetapi buru-buru saya enyahkan pikiran itu dan mulai menyeruput. Terbuat dari tape asli, seruputan pertama menyisakan rasa asam di mulut, dengan sedikit rasa manis. Ketika saya menelannya, rasa segar melingkupi lidah saya. Saat itu saya menyadari alasan warga Tangerang tetap memberikan penghargaan tinggi kepada gerai ini.

Jl. K.H. Soleh Ali,
Tangerang, Banten
Telp: 08129526809
Buka setiap hari, pukul 08.00–17.00 WIB
Rp10.000/US$0,70 per gelas


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *