READING

Jakarta: Es Teler Sari Mulia Asli (Es Teler Megari...

Jakarta: Es Teler Sari Mulia Asli (Es Teler Megaria)


“Es telernya yang menyegarkan ini berisi nangka, kelapa, dan alpukat. Di atasnya terdapat sirup buatan sendiri yang bercampur sempurna dengan tekstur dan rasa buah-buahan, memberikan rasa yang unik.”

Menyantap es teler bukanlah hal baru buat saya—sejujurnya, dulu, minuman ini menjadi favorit saya. Salah satu restoran yang menjual es teler yang menjadi favorit saya adalah Es Teler Sari Mulia Asli. Terletak di kompleks bioskop Metropole—memiliki cabang di Slipi, Es Teler Sari Mulia Asli sudah beroperasi sejak 1970-an dan diklaim sebagai restoran pertama yang menjual es teler di Indonesia. Dengan resep es teler nikmat, wajar jika jumlah pelanggan setianya yang cukup banyak. Melihat tempat ini penuh pelanggan—khususnya ketika akhir pekan—adalah pemandangan yang biasa. Saking penuhnya, teman sesama pencinta makanan yang pernah mengunjungi tempat ini beberapa waktu lalu tak henti menceritakannya kepada saya.

Terletak di pujasera di belakang gedung kompleks Metropole, bersama Pempek Megaria, salah satu hal terbaik dari gerai ini—terlepas dari es telernya yang terkenal, tentu saja—adalah varian pilihan makanan dan minumannya. Selain es teler, di sini Anda juga bisa mencoba ayam bakar solo dan siomay. Es telernya yang menyegarkan berisi nangka, kelapa, dan alpukat. Di atasnya terdapat sirup buatan sendiri yang bercampur sempurna dengan tekstur dan rasa buah-buahan, memberikan rasa yang unik. Dengan yakin saya bilang kalau ayam bakar solo yang disajikan di sini adalah salah satu yang terbaik di Jakarta. Sambal manis-pedas yang disajikan untuk menggenapi ayam bakarnya, terasa sungguh lezat. Nah, sekarang, siomaynya. Hidangan ini punya sejarah: merupakan hidangan pertama yang dijual oleh almarhum pendiri gerai ini, Tukiman Darmowijono. Ya, bahkan ketika dia belum menjual es teler. Beberapa pelanggan datang ke sini hanya untuk menyantap siomaynya.

jabodetabek-classic-es teler sari mulia asli (megaria) jabodetabek-classic-es teler sari mulia asli (megaria)

Jl. Pegangsaan Timur No.21
Cikini, Jakarta Pusat
Buka tiap hari, pukul 09.00–21.00 WIB
Rp30.000/US$2,2 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *