Jakarta: Ketoprak Ciragil


“Keunikan Ketoprak Ciragil adalah pelanggan diperbolehkan untuk memilih antara telur rebus, goreng, atau asin—pilihan yang tidak ditawarkan penjual ketoprak lainnya.”

Didirikan oleh Haji Taslani pada 1961, Ketoprak Ciragil seharusnya tidak asing di telinga para warga Jakarta Selatan. Dahulu, Haji Taslani, yang berasal dari Pekalongan, merupakan penjaja ketoprak keliling di siang hari dan mi jawa di malam hari di daerah Ciragil. Kini Ketoprak Ciragil menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari di Jakarta. Sayangnya, Haji Taslani sudah meninggal. Ketiga anak perempuannyalah yang menjalankan toko yang dibangunnya. Secara bergiliran mereka mengoperasikan gerai tersebut tiap bulannya, setelah ayahnya membuat mereka berjanji untuk bekerja sama menjalankan bisnis peninggalannya.

Keunikan Ketoprak Ciragil adalah pelanggan diperbolehkan untuk memilih antara telur rebus, goreng, atau asin—pilihan yang tidak ditawarkan penjual ketoprak lainnya. Yang lebih baik lagi, bahan-bahan tersebut tidak langsung dicampur bersama bumbu kacang menggunakan ulekan. Bumbu kacangnya disiapkan sebelumnya dan dituang di atas bahan-bahan setelah Anda memesan. Menurut kabar, Ketorpak Ciragil menggunakan kacang mete untuk sausnya, tetapi Haji Mudiono—cucu Haji Taslani—membantah rumor tersebut. “Kami menggunakan kacang biasa dari Tuban untuk bumbu kacang kami,” terangnya.

Kami memesan seporsi Ketoprak Ciragil dan es podeng. Porsi ketopraknya cukup kecil, menyisakan ruangan ekstra di perut untuk es podeng. Ketoprak Ciragil menyajikan kombinasi sempurna dari rasa kecap manis dan bumbu kacang berbawang putih. Jika sedang berkunjung ke bilangan Jakarta Selatan, silahkan coba dan buktikan sendiri kelezatannya.

Jl. Cikatomas 1, No. 10
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Buka tiap hari, pukul 09.00–18.30 WIB
Rp16.000/US$1,20 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *