READING

Bogor: Lumpia Basah Gang Aut

Bogor: Lumpia Basah Gang Aut


“Saat dihidangkan, hal pertama yang saya perhatikan adalah aroma asapnya yang dari awal memikat saya. Rasanya seperti mengecap surga dengan hidung saya.”

Belum lama ini, saya berkunjung ke Jalan Suryakencana—surga kuliner Bogor. Deretan gerobak dan toko berjajar di sepanjang jalan, menawarkan berbagai hidangan yang akan membuat para pencinta makanan bahagia. Dari semuanya, ada satu yang menarik perhatian saya: gerobak berwarna hijau yang menjajakan lumpia basah di depan toko Ngo Hiang Asli Gang Aut yang terkenal itu.

Yang pertama kali menarik perhatian saya adalah aroma asapnya yang sedap. Saya mendekati gerobak tersebut dan berbicara dengan pria di belakangnya, yang memperkenalkan diri sebagai Bapak Alen. Saya memesan satu porsi dan beranjak ke Ngo Hiang untuk menikmatinya karena Bapak Alen tidak memiliki tempat buat pelanggan duduk dan makan.

Saat dihidangkan, hal pertama yang saya perhatikan adalah aroma asapnya yang dari awal memikat saya. Rasanya seperti mengecap surga dengan hidung saya. Lalu, saya mulai melahapnya. Dibuat dari bengkuang, tauge, dan telur goreng, rasanya merupakan kombinasi yang seimbang antara asin dan gurih, dan kenikmatannya bertahan hingga gigitan terakhir.

Setelah selesai makan, saya kembali ke luar untuk menanyakan Bapak Alen tentang misteri di balik aroma. Dia menjelaskan bahwa rasa itu datang dari kompor batu bara yang dipakai untuk membuat lumpianya. Kemudian dia menceritakan bahwa dia mulai menjual lumpia basah jauh sebelum saya lahir. Dia mewarisi gerobak dan resep dari ayahnya, yang menciptakannya pada 1938. Sesudah ayahnya meninggal pada 1985, dia mengambil alih bisnis tersebut bersama ibunya.

Jl. Suryakencana No.309A (tepat di depan Ngo Hiang Asli Gang Aut),
Bogor, Jawa Barat
Buka setiap hari, pukul 09.00–22.00 WIB
Rp12.000/US$0,90


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *