Jakarta: Mie Ayam Bakso Yunus


“Setelah beberapa kali suapan, saya menyadari kalau Bapak Yunus pada dasarnya menyajikan mi ayam khas abang-abang.”

Ada satu jenis makanan yang tidak pernah bisa saya tepis: mi ayam. Entah mi ayam abang-abang (yang dijual menggunakan gerobak), mi ayam khas restoran cina (dilengkapi potongan daging ayam atau daging babi) atau mi ayam rica. Saya akan memakan semuanya.

Saya sangat senang dengan kesempatan mencicipi Mie Ayam Bakso Yunus, yang sudah ada sejak 1967. Lokasinya berada tepat di sebelah Pasar Tebet. Dulu, Bapak Yunus menjajakan dagangannya menggunakan gerobak. Namun, saat dagangannya mulai ramai pembeli, dia membuka warung permanen.

Saat tiba di sana pada waktu makan siang, warung ini penuh pengunjung. Saya harus duduk berimpitan dengan pembeli lainnya. Tempat ini tidak memiliki penyejuk udara, jadi udaranya sedikit panas. Walaupun begitu, kondisi tersebut tidak membuat saya mengurungkan niat untuk mencoba mi ayam dan bakso. Walaupun kondisinya sangat ramai, para karyawan tetap penuh perhatian. Kurang dari lima menit, pesanan saya tiba.

Saya langsung mengambil sumpit dan mulai menyantap hidangnya tersebut. Setelah beberapa kali suapan, saya menyadari kalau Bapak Yunus pada dasarnya menyajikan mi ayam khas abang-abang, terlihat dari keberadaan suwiran ayam kecap di atas mi. Tekstur mi yang kenyal, bersamaan dengan rasa asin-gurih dari ayam dan bakso, menghasilkan makanan yang sangat lezat. Sungguh sesi makan yang memuaskan. Tak heran artis lokal seperti Krisdayanti sangat tergila-gila dengan Mie Ayam Bakso Yunus.

jabodetabek-heritage-mie ayam bakso yunus
By Jessicha Valentina

Jl. Tebet Barat Dalam VIIID
Di samping Pasar Tebet, Jakarta Selatan
Telp: (021) 70945363 Buka setiap hari, dari pukul 09.00–21.30 WIB
Rp15.000–27.000/US$1,10–2.00


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *