Jakarta: Pangkep 33


“Bayangkan kegirangan saya ketika melihat ukuran kepiting yang sangat besar. Ukurannya dua kali tangan saya, membuat saya berpikir entah bisa muat di perut saya yang sedang keroncongan atau tidak, jika saya harus menelannya sekaligus.”

Dengan 70 persen wilayah yang merupakan lautan, Anda akan paham kenapa kita punya banyak gerai dan restoran yang menjual hidangan laut di Jakarta, belum lagi di seluruh pelosok negeri. Salah satu tempat yang berhasil bertahan adalah Pangkep 33, yang telah berubah dari sebuah warung biasa menjadi restoran yang sukses.

Mengkhususkan diri pada hidangan laut autentik khas Makassar, Pangkep 33 awalnya berdiri sebagai warung pinggir jalan di daerah Roxy, pada 1980. Enam tahun kemudian, gerai ini pindah ke toko kecil tak jauh dari lokasi awal. Dengan dua restoran yang beroperasi saat ini—di Pluit dan Batu Ceper—saya memilih untuk mengunjungi lokasi kedua.

Anda akan tahu kalau bisnis Anda berhasil adalah saat Anda memiliki sebuah papan besar dengan warna kuning menyala menyambut di depan restoran. Tanda-tanda tersebut juga berhasil membuat saya mudah menemukan lokasi restoran ini. Sampai di dalam, saya melihat meja-meja kayu panjang menghiasi ruangan—cocok untuk sesi makan bersama seluruh keluarga atau segerombol teman. Setelah melihat-lihat menu, saya memilih kepiting saus padang, udang bakar madu, dan cumi goreng mentega. Ketiganya saya pilih berdasarkan keinginan, yang kemudian saya ketahui merupakan tiga hidangan paling populer di sini.

Bayangkan kegirangan saya ketika melihat ukuran kepiting yang sangat besar. Ukurannya dua kali tangan saya, membuat saya berpikir entah bisa muat di perut saya yang sedang keroncongan atau tidak, jika saya harus menelannya sekaligus (tentu saya tidak mencoba melakukannya). Saus padang yang lezat terasa lebih nikmat dan kaya rasa dibandingkan yang pernah saya coba sebelumnya. Hal yang sama juga untuk udang bakar madunya. Setelah gigitan pertama, saya bisa langsung menebak kesegaran udangnya dari rasa manis yang dikeluarkan. Sedikit rasa kecewa datang dari cumi goreng mentega yang terasa terlalu asin untuk selera saya. Bagi siapa pun yang menyukai segala hal berbau pedas, Anda akan senang karena restoran ini menyediakan sambal terasi untuk sesi makan Anda—teman yang sempurna bagi menu udang bakar.

Jabodetabek-classic-pangkep33 2
Jl. Batu Ceper No. 63
Jakarta Pusat
Telp: (021) 3523783
Buka setiap hari, pukul 11.30–15.00, dan 17.30–22.00 WIB
Rp150.000/US$11 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *