Jakarta: Ragusa Es Italia


“Rahasia di balik kesuksesan gerai ini, seperti yang saya ketahui, adalah dari penggunaan susu sapi segar, bukan susu fermentasi. Anda dapat merasakan rasa susu yang lembut di lidah di tiap suapan.”

Didirikan oleh Ragusa dua bersaudara berbangsa Italia, Luigie dan Vincenzo pada 1932, Ragusa Es Italia dikenal luas sebagai salah satu tempat makan yang beroperasi paling lama di Indonesia. Gelar ini disahkan pada 1912, saat Museum Rekor Indonesia—kepanjangan dari MURI—secara resmi mengesahkan gerai ini sebagai toko es krim tertua di Indonesia. Begitu menyenangkan melihat sebuah toko berhasil mempertahankan bisnisnya selama beberapa dekade, tempat Anda bisa sedikit mengintip jejak pesona Jakarta tempo dulu.

Terletak di Jalan Veteran, dekat Monas, Ragusa Es Italia berada di dalam sebuah gedung bersejarah, dengan kapasitas hingga 40 orang. Interiornya minim perabotan, dengan meja kayu dan kursi rotan. Anda bisa melihat mesin pembuat es krim kuno di balik sebuah jendela kaca di bagian belakang ruangan. Serasa melihat keindahan Jakarta tempo dulu bukan? Alat-alat tersebut masih berfungsi, tetapi dimohon untuk tidak mengambil foto karena hal itu dilarang.

Beroperasi selama bertahun-tahun, kualitas es krimnya tiada taranya. Ada beberapa varian rasa yang bisa Anda pilih, dari rasa vanila dan cokelat yang umum, hingga Tutti Frutti dan Spaghetti. Cobalah kedua menu terakhir untuk mencicipi Ragusa Es Italia sepenuhnya. Rahasia di balik kesuksesan gerai ini, seperti yang saya ketahui, adalah dari penggunaan susu sapi segar, bukan susu fermentasi. Anda dapat merasakan rasa susu yang lembut di lidah di tiap suapan.

Tempat ini selalu penuh pengunjung, tak peduli waktu kunjungan Anda. Jadi, jika Anda memilih untuk menghindari keramaian dan antrean panjang, Anda bisa mengantre di gerai lainnya di Duta Merlin, yang tidak jauh dari Jalan Veteran.

Jabodetabek-classic-ragusa es italia
Jalan Veteran I, No. 10
Jakarta Pusat
Telp: (021) 3849123
Buka setiap hari, pukul 10.00–22.30 WIB
Rp30.000/US$2,20 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *