Bogor: Restoran Kencana


Yang saya sadari setelah menyantap dua makanan ini adalah ternyata tempat makan ini menggunakan mi buatan sendiri, yang tentunya selalu menjadi poin plus.

Dengan reputasinya sebagai surga kuliner di luar Jakarta, Bogor menjadi destinasi saya berikutnya, untuk mencari tempat-tempat makan yang sudah lama berdiri di negara ini. Saya membutuhkan waktu sekitar satu jam berkendara dari Jakarta untuk sampai ke Restoran Kencana—sebuah restoran yang telah berdiri cukup lama dan terkenal dengan makanan khas Tiongkoknya.

Berada di Jalan Surya Kencana, restoran ini didirikan pada akhir 1979. Bangunannya dicat merah di bagian luar dan dalam dan didekorasi dengan lampion merah khas Tiongkok. Interiornya dipenuhi foto-foto kota Bogor di masa lalu. Setelah mendengarkan rekomendasi dari salah satu staf, saya memesan menu andalan mereka, loh mie atau dikenal oleh penduduk lokal sebagai mi kangkung. Porsinya cukup besar, terdiri atas mi, bayam air, tauge, bakso ikan, ikan kue, bakso, udang, dan potongan daging babi. Rasanya lebih condong ke manis, jadi Anda mungkin akan menambahkan air perasan jeruk purut ke dalam kaldunya untuk menambahkan rasa segar.

Menu lainnya yang saya coba adalah bakmie ayam. Sama seperti bakmi ayam pada umumnya, bakmi kali ini berisi mi dan potongan ayam, juga bakso yang dihidangkan terpisah. Anda juga bisa memesan pangsit atau kerupuk udang untuk melengkapi bakmi ayam Anda, dengan mengambilnya di kabinet yang terletak di seberang konter kasir. Yang saya sadari setelah menyantap dua makanan adalah ternyata tempat makan ini menggunakan mi buatan sendiri, yang tentunya selalu menjadi poin plus. Minya terasa kenyal dan berserat, dan menurut saya, itulah yang membuat Restoran Kencana spesial.

jabodetabek-heritage-rm surya kencana2 jabodetabek-heritage-rm surya kencana3
Jl. Surya Kencana No. 143, Bogor Pusat
Telp: 0251 833 0698
Buka Selasa–Jumat, pukul 10.00–20.30 WIB; Sabtu–Minggu, pukul 08.00–20.30 WIB; Senin tutup
Rp50.000/US$3,60 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *