Jakarta: RM Medan Baru


Ketika saya duduk, seorang pramusaji menghampiri saya dan bertanya apakah saya mau memesan salah satu hidangan andalan rumah makan ini, suatu hal yang tidak biasa untuk rumah makan padang.”

Ketika percakapan berpusat pada varian makanan padang, satu makanan yang paling sering disebut adalah rendang daging. Popularitasnya membuatnya mendapatkan pengakuan dunia, bahkan sampai masuk ke urutan pertama daftar 50 Makanan Paling Enak Dunia yang dirilis oleh CNNGo pada 2011. Di dalam banyak rumah makan padang yang ada di seluruh penjuru kota, di kebanyakan piring para pengunjung, pasti terdapat satu atau dua potong rendang daging. Hal itu membuat makanan padang lainnya seakan tak terlihat, yang merupakan situasi yang menyedihkan karena hidangan padang lainnya juga menawarkan varian cita rasa yang layak mendapatkan pujian.

Saya ingin memperkenalkan Anda kepada RM Medan Baru, sebuah restoran yang menyajikan beragam makanan padang lain yang lezat. Didirikan pada 1975 dan terletak di Jalan Krekot Bunder di Pasar Baru, restoran ini terkenal akan gulai kepala ikan, burung punai goreng, dan ayam gorengnya—bukan rendangnya. Walaupun penampilan luarnya sederhana, restoran ini dapat menampung pengunjung hingga 150 orang. Walaupun restoran ini berukuran cukup besar, pengunjung yang datang pada jam makan siang tetap akan sulit mendapatkan tempat. Jadi bersiaplah untuk sedikit bersabar menunggu pada jam sibuk.

Saat berjalan menuju meja, saya melewati dapurnya dan sekilas melihat beberapa kepala ikan berukuran besar sedang digoreng. Ketika saya duduk, seorang pramusaji menghampiri saya dan bertanya apakah saya mau memesan salah satu hidangan andalan rumah makan ini, suatu hal yang tidak biasa untuk rumah makan padang. Kebanyakan restoran padang biasanya akan meletakkan beberapa pilihan menu tanpa bertanya.

Karena saya merasa terintimidasi dengan kepala ikan yang saya lihat tadi, saya memilih memesan ayam goreng. Dan tidak lama, pramusaji tersebut melakukan apa yang dilakukan restoran padang lainnya. Dia meletakkan beberapa jenis makanan di meja saya, termasuk udang balado, gulai ayam, daun singkong, dan sambal ijo. Kemudian, ayam goreng pesanan saya datang setelah itu, tampaknya mereka menggoreng ayamnya ketika ada pesanan karena teksturnya lembut, pedas, dengan uap yang memancarkan aroma khas menandakan bahwa makanan ini baru diangkat dari penggorengan.

Sedikit rasa sesal muncul ketika saya selesai makan karena saya melewatkan kari kepala ikan. Jadi, saya berjanji akan memesannya di kunjungan berikutnya.

Jabodetabek-classic-rm medan baru
Jl. Krekot Bunder No. 65
Jakarta Pusat
Telp: 021 385 8992
Buka setiap hari, pukul 09.00–21.00 WIB
Rp50.000/US$3,60 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *