Bogor: RM. Warung Doyong


“Dalam sekali gigit, saya bisa merasakan rasa gurih berkeliaran di dalam mulut saya.”

Jika Anda sedang berada di Bogor dan ingin mencicipi masakan khas Sunda, Rumah Makan Warung Doyong akan menjadi pilihan yang tepat. Dibuka pada 1979, warung ini menawarkan hidangan Sunda, termasuk ayam goreng, sayur asem, pepes, tahu goreng, dan sayuran tumis.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Bogor, saya ingatkan kalau sedikit sulit menemukan Rumah Makan Warung Doyong yang asli karena ada banyak restoran serupa di sekitarnya dengan desain interior lebih baru. Warung Doyong yang asli justru belum pernah diperbarui selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, terlihat tua dan suram (maaf, tapi kenyataannya memang begitu). Walaupun desainnya tidak menarik, percayalah, restoran ini masih dipenuhi pengunjung, bahkan sebelum waktu makan siang.

Saya sampai di sana pada Minggu pagi. Dijalankan oleh keluarga keturunan Tionghoa, Anda akan melihat seluruh karyawannya merupakan anak sang pemilik restoran, dan sibuk menjalankan restoran tersebut. Ketika masuk ke dalam, salah satu jie jie (kata Mandarin yang artinya “kakak perempuan”) menerima pesanan saya. Saya memesan ayam goreng dan sayur asem, yang disiapkan dengan cepat.

Banyak pengunjung yang memuji ayam gorengnya dan menurut saya hidangan ini adalah salah satu yang terlezat yang pernah saya coba. Disajikan secara hangat, ayamnya dibumbui dengan sempurna. Dalam sekali gigit, saya bisa merasakan rasa gurih berkeliaran di dalam mulut saya. Serundeng (kelapa parut goreng) disajikan untuk melengkapi ayam goreng, memberikan rasa yang lebih kaya. Sayur asemnya—disajikan dengan gaya ala Sunda—berisi kacang panjang dan jagung manis. Untungnya, porsinya cukup besar, saya berbagi dengan sepupu saya yang ikut bersama saya. Selama menyantap hidangan, saya menyendok sambal terasi dan meletakkannya di atas ayam goreng dan sayur asem. Sambal pedas tersebut merangsang selera makan saya, membuat saya memesan bakwan jagung sebagai teman menyantap sambal.

Saat saya hendak meninggalkan restoran ini, saya mendengar kalau ayam gorengnya sudah hampir habis. Padahal, saat itu baru jam 11 siang dan seorang pengunjung yang baru datang langsung memesan ayam goreng untuk dibawa pulang. Saya pasti akan kembali ke restoran yang ramah ini. Jika Anda juga ingin merasakan pengalaman menyantap hidangan khas Sunda, mari datang bersama saya.

By Jessicha Valentina

Jl. Pahlawan No. 143A
Bogor, Jawa Barat
Telp: (0251) 7123307
Buka setiap hari, pukul 06.00–15.00 WIB
Rp20.000–30.000/US$1,40–2,30 per orang


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *