Jakarta: Sakura Anpan


Tekstur roti kejunya sedikit kasar, yang mengingatkan saya akan roti yang biasa saya makan semasa kecil.

Pengunjung setia Jalan Sabang seharusnya pernah melihat toko roti Sakura Anpan. Berdiri di salah satu pertokoan yang sangat tua di area yang belum direnovasi, spanduknya menandakan bahwa ini adalah toko roti modern. Namun, saat menginjakkan kaki ke dalamnya, Anda tak akan menemukan red velvet atau kue-kue kontemporer lainnya. Sebaliknya, Anda akan menemukan deretan kudapan dan hidangan pencuci mulut kuno yang siap memanjakan lidah.

Pertama kali dibuka pada 1982, samar-samar saya ingat pernah mengunjungi toko ini saat masih kecil, dan berdasarkan ingatan saya, interiornya belum berubah sama sekali. Rak-raknya sepi saat saya sampai, tetapi sisa-sisa kue yang dipajang tetap berhasil menggugah selera saya. Sembari berkeliling, saya berusaha keras untuk membendung godaan untuk mengambil semuanya. Setelah banyak pertimbangan, saya membeli roti keju, tart buah, eclair, dan tart cokelat.

Kalau saya harus memilih di antara keempatnya yang paling memuaskan, saya harus bilang roti keju dan tart buahnya. Tekstur roti kejunya sedikit kasar, yang mengingatkan saya akan roti yang biasa saya makan semasa kecil. Sementara itu, tart buahnya dihiasi potongan jeruk dan cukup mungil untuk dimakan dalam satu lahap. Rasanya kuat dan kulitnya lembut, sementara jeruknya menambahkan rasa asam yang menyegarkan.

Demi artikel ini, saya berusaha mencari informasi lebih banyak tentang toko roti ini dari para stafnya, tetapi tidak berhasil. Saat saya hendak membayar, seorang perempuan tua memasuki toko bersama seorang anak laki-laki berusia delapan tahun. Keberuntungan ternyata berpihak pada saya karena perempuan itu adalah pemilik Sakura Anpan. Perempuan itu memberikan beberapa detail tentang toko rotinya, tetapi waktu tidak berpihak pada saya. Baik perempuan itu maupun saya, harus bergegas pergi. Tidak apa-apa, saya akan kembali lagi ke toko ini untuk menyantap tart buahnya dan, semoga saja, mendapat kesempatan untuk berbincang dengan si pemilik toko lagi.

Jl. H. Agus Salim No. 25–25A
Jakarta Pusat
Telp: 021 314 4253
Buka setiap hari, pukul 5.30–20.30 WIB
Rp2.500/US$0,20 per potong tart buah dan Rp8.000/US$0,60 per potong kue


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *