Jakarta: Sate Apjay


Sate Apjay disajikan dengan saus kacang yang kental dan lembut, diberi perasan jeruk limau dan kecap manis—menghasilkan campuran yang sempurna akan rasa yang lembut, manis, dan segar, semuanya di dalam satu piring.”

Tak bisa dipungkiri, sate ayam merupakan hidangan ikonis Indonesia. Berasal dari Madura di Jawa Timur, Anda bisa menemukan sate ayam dijual oleh banyak penjaja makanan pinggir jalan di Jakarta. Namun, Sate Ayam Apjay, atau yang juga dikenal dengan Sate Apjay, berbeda jika dibandingkan dengan sate yang biasa dijajakan para penjual sate.

Didirikan pada era 1970-an, tempat ini menjadi salah satu yang populer di Jakarta selama bertahun-tahun. Namanya diambil dari lokasinya, yaitu di depan Apotik Jaya—atau disingkat Apjay. Hingga sekarang, pengoperasian Sate Apjay masih dijalankan oleh anggota keluarga.

Siapkanlah lidah Anda untuk dimanjakan rasa potongan ayam yang dibumbui dengan baik dengan rasa gurih dan lembut, serta dibakar dengan sempurna. Selain sate ayam, Sate Apjay juga menawarkan sate kulit ayam, yang dikombinasikan dengan telur burung puyuh. Ini adalah makanan yang sangat enak, meskipun saya harus mengingatkan Anda untuk mengawasi tingkat kolesterol Anda sebelum dan sesudah menyantapnya.

Sate Apjay disajikan dengan saus kacang yang kental dan lembut, diberi perasan jeruk limau dan kecap manis—menghasilkan campuran yang sempurna akan rasa yang lembut, manis, dan segar, semuanya di dalam satu piring. Saus kacangnya tidak bisa dipungkiri mempunyai karakter rasa gurih yang kuat. Jika Anda tidak mencari makan malam yang terlalu mengenyangkan, Anda bisa memesan lontong sebagai pelengkap sate ayam. Lontong ini akan membuat Anda kenyang tanpa merasa begah.

Cara yang paling tepat untuk menikmati sate ayam ini adalah dengan memesannya dan memakannya langsung di dalam mobil Anda. Dengan cara ini, Anda tetap bisa menikmati kesegarannya tanpa harus menghirup pembuangan dari mobil yang lalu lalang, suara bising mesin kendaraan, dan asap yang menguar dari proses pembakaran sate.

Jl. Panglima Polim IX (di depan Apotik Jaya)
Jakarta Selatan
Buka setiap hari, pukul 17.00–02.00 WIB
Rp20.000/US$1,49 per porsi


Astrid Maharani Prajogo is the founder and managing director of Good Indonesian Food. She sees the importance of understanding food history, as it determines culture and choices of the people. A passionate foodie, Astrid will be like a bear with a sore head when hungry or eating an unpalatable meal.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *