READING

Jakarta: Sate Padang Ajo Ramon

Jakarta: Sate Padang Ajo Ramon


“Anda bisa memilih dari daging sapi, lidah sapi, atau sate usus. Saya pribadi merekomendasikan Anda untuk mencoba lidah sapi.”

Beroperasi sejak 1980-an, Sate Padang Ajo Ramon telah merebut hati dan perut banyak orang Jakarta—sampai-sampai banyak yang mendeskripsikan gerai ini sebagai salah satu penjual sate padang terbaik di Jakarta. Sejujurnya, saya adalah penggemar hidangan ini dari lama dan menurut saya, tempat ini bukanlah tempat yang asing di telinga saya.

Sebelum membuka stan di luar Pasar Santa, bisnis Sate Padang Ajo Ramon bermula dari sebuah gerobak kayu yang didorong mengelilingi wilayah Pasar Santa dan sekitarnya. Kerja keras akan selalu membawa hasil dan hal itu terbukti dari empat gerai yang telah berhasil berdiri di bawah nama Ajo Ramon, dengan gerai bertenda di Pasar Santa sebagai markas utama. Yang harus digarisbawahi, jika Anda berencana datang ke sini, bersiaplah untuk berebut parkir, khususnya saat Sabtu malam.

Kesulitan parkir membawa saya untuk memuaskan kecintaan saya akan sate padang Ajo Ramon di cabang lainnya di Jalan Cikajang, yang tak jauh dari Pasar Santa. Lokasinya yang berada di pinggir jalan membuat memarkirkan kendaraan menjadi hal yang sangat mudah. Tidak seperti saudaranya di Pasar Santa, yang buka jam 4 sore, cabang ini buka setiap hari mulai jam 11 siang.

Anda bisa memilih dari daging sapi, lidah sapi, atau sate usus. Saya pribadi merekomendasikan Anda untuk mencoba lidah sapi. Teksturnya yang lembut dilengkapi dengan sempurna oleh saus kacang pedas yang disajikan bersamaan. Sepertinya, saus kacang yang satu ini—berbeda dengan saus kacang yang biasanya Anda temukan di tempat makan lain yang menawarkan hidangan khas Padang—berasal dari daerah Pariaman. Jika mau, nikmatilah sate padang Anda dengan kerupuk kulit. Cocol kerupuk ke dalam saus kacang sebelum disantap.

Yang membuat Sate Padang Ajo Ramon berbeda dari pesaingnya adalah bumbu satenya yang lezat. Tidak ada yang menandinginya. Karena itu, saya bertekad untuk kembali ke Sate Padang Ajo Ramon dalam waktu dekat.

Jalan Cikajang No. 72
Jakarta Selatan
Telp: 0852 1337 1999
Buka setiap hari, pukul 11.00–24.00 WIB
Rp25.000/US$1,80 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *