Jakarta: Siomay Pak Aceng


Dengan teksturnya yang kenyal, siomay ini disajikan dalam kondisi hangat dengan saus kacang, jeruk limau, dan saus kecap manis. Hasilnya, kombinasi rasa asin-manis-asam-pedas yang membuat ketagihan.

“Halo, Pak, ingat saya?” tanya kakak saya, Cecilia, kepada Pak Aceng, penjual siomay terenak di Jakarta. Tanpa menengok—sedang sibuk dengan pelanggan lain, dia tersenyum dan menjawab, “Cecilia! Tentu saja saya ingat. Saya mengenali suaramu!”

Pak Aceng berjualan siomay di Cipinang Jaya, Jakarta Timur. Di luar sebuah kompleks perumahan, Siomay Pak Aceng tidak begitu dikenal. Sungguh sayang, padahal orang ini menjual siomay terenak di Jakarta. Pria ramah ini memulai bisnisnya pada 1981. Pada saat itu, dia mengayuh sepedanya berkeliling area Cipinang Jaya. “Biasanya saya datang ke rumahmu untuk berjualan siomay. Sekarang kamu yang ke sini!” gelaknya, merujuk ke kebiasaannya melewati rumah kami pada zaman dulu.

Walau sekarang sudah memiliki tempat permanen, tidak ada yang berubah dari diri Pak Aceng. Dia tetap orang yang sama—pria periang yang suka bercanda dengan pelanggannya. Juga, hal yang sama berlaku untuk siomaynya. Rasanya tetap sama seperti dulu. Dengan harga Rp15.000 per porsi, atau Rp3.000 per buah, siomay andalan Pak Aceng terbuat dari ikan tenggiri pilihan yang terasa langka sekarang ini. Dengan teksturnya yang kenyal, siomay ini disajikan dalam kondisi hangat dengan saus kacang, jeruk limau, dan saus kecap manis. Hasilnya, kombinasi rasa asin-manis-asam-pedas yang membuat ketagihan. Pak Aceng mengedepankan kualitas makanannya. Hal itu terlihat dari merek yang dia gunakan untuk kecap manis dan saus sambal.

Telah berjualan siomay seorang diri sejak lebih dari 30 tahun, Pak Aceng sekarang membagi tugas menjalankan bisnisnya bersama anak laki-lakinya—membuatnya bisa beristirahat. “Saya akan di sini selama satu minggu dan dia akan tugas minggu selanjutnya,” terangnya. Namun, sepertinya para pelanggan lebih suka ketika dia ada di sana karena keberadaannya selalu membuat gerainya semakin ramai. “Beberapa pergi kalau saya tidak di sini!” ujarnya. Sepertinya, para pelanggan, termasuk kakak saya, datang tidak hanya untuk siomaynya, tetapi juga untuk bertemu Pak Aceng. “Mungkin karena saya suka mengobrol dengan mereka. Sepertinya itu alasan kenapa mereka kembali ke sini,” katanya.

Jl. Cipinang Jaya (di depan Alfamart),
Jakarta Timur
Telp: 021 0815 4615 1518
Buka setiap hari, pukul 13.00–20.00 WIB
Rp15.000/US$1,20 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *