Jakarta: Soto Betawi Afung


“Daging sapinya terasa lembut, sementara parunya tetap renyah walaupun sudah disiram kuah, yang cita rasanya sangat kaya.”

Jika Anda sedang mencari kuliner khas peranakan, Anda bisa pergi ke Gang Gloria. Di dalam gang yang sibuk tersebut terdapat banyak penjaja makanan khas peranakan yang ramai pengunjung, termasuk mi kangkung, sekba, dan banyak lagi. Ada satu stan yang berbeda sendiri, menjual soto betawi, dan sangat dikenal sebagai yang terenak di Jakarta.

Ketika saya mendengar nama Soto Betawi Afung untuk pertama kali, saya kira mereka menjiplak nama restoran bakso waralaba terkenal. Tak banyak yang tahu kalau nama tersebut diambil dari nama penggagasnya, Ho Tjiang Fung atau kita mengenalnya sebagai Ibu Afung. Didirikan pada 1982, Soto Betawi Afung pertama kali membuka toko di Glodok. Setelah beberapa kali berpindah tempat, akhirnya mereka menetap di Gang Gloria pada 2005.

Reputasinya sebagai jawara soto betawi bukanlah hal yang berlebihan dan saya dengan senang hati akan menjelaskannya. Saya mengunjungi warung ini setelah libur Lebaran. Saat itu, mereka kekurangan karyawan, tetapi bisa tetap meracik tiap mangkuk soto dengan baik.

Anda akan mendapatkan tiga pilihan daging: ayam, sapi, dan jeroan. Anda juga bisa mencampurnya, jika suka. Saya memesan daging sapi dan paru, dan kombinasi tersebut ternyata sangat enak. Daging sapinya terasa lembut, sementara parunya tetap renyah walaupun sudah disiram kuah, yang cita rasanya sangat kaya. Bahkan, saya merasa tidak perlu menambahkan penyedap untuk kuahnya. Saya sangat penasaran tentang rahasia di balik hidangan yang lezat ini, sampai saya melihat Ibu Afung memasukkan tulang sapi berukuran besar ke kuah santan. Misteri terpecahkan.

Sayangnya, saya tidak bisa menggali lebih dalam tentang Soto Betawi Afung. Warung ini penuh dan kedua pemiliknya—Nyonya Afung dan rekannya Pak Asen—menolak permintaan saya untuk berbincang karena luapan pelanggan yang harus dilayani. Walau begitu, saya merekomendasikan siapa pun yang menginginkan cita rasa soto betawi yang autentik untuk mampir ke Soto Betawi Afung. Lidah Anda akan dimanjakan rasa soto yang lezat. Anda pasti tidak akan menyesal.

By Jessicha Valentina

Jl. Gang Gloria No. 12
Glodok, Pancoran
Jakarta Barat
Telp: (021) 6901496
Buka setiap hari, pukul 06.00–17.00 WIB
Rp33.000/US$2,50 (untuk kombinasi daging sapi dan paru)


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *