READING

Jakarta: Soto Betawi H. Ma’ruf

Jakarta: Soto Betawi H. Ma’ruf

Menemukan soto seenak yang disajikan RM Soto Betawi H. Ma’ruf adalah hal yang jarang dan sulit ditemui.

Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang mudah ditemukan hampir di seluruh pelosok Jakarta—yang tentu saja bukan hal yang luar biasa mengingat hidangan ini merupakan kuliner tradisional orang Betawi. Meski demikian, menemukan soto seenak yang disajikan RM Soto Betawi H. Ma’ruf adalah hal yang jarang dan sulit ditemui. Ada empat RM Soto Betawi H. Ma’ruf yang tersebar di penjuru kota yang terkenal dengan orisinalitas dan kekayaan rasanya. Saya rasa itu karena metode memasak mereka yang menggunakan minyak kelapa murni untuk mengoptimalkan rasanya tanpa menggunakan penyedap rasa.

H. Ma’ruf mulai menjalankan bisnis soto betawi di Stasiun Gondangdia lama, yang terletak dekat dari rumahnya, pada 1960-an. Dia memikul keranjang kayu yang berisi perlengkapan masaknya. Pada 1980-an, dia membuka warung di Stasiun Cikini, sebelum akhirnya menuai kesuksesan yang membuatnya membuka tempat makan yang layak di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki pada 1990. Sayangnya, dia meninggal pada 2000 dan kini bisnisnya dilanjutkan oleh anak laki-lakinya, H. Mukhlis yang mengemban tugas untuk melestarikan makanan khas Betawi ini.

Nasrudin, salah satu karyawan RM Soto Betawi H. Ma’ruf, mengatakan bahwa pada awal 2015, Pemerintah Daerah menyebar pengumuman kepada seluruh penjual makanan di kompleks Taman Ismail Marzuki bahwa akan dilakukan renovasi besar-besaran di kompleks tersebut. Hal itu membuat semua tempat makan harus pindah. Kemudian, H. Mukhlis membuka toko baru di Jalan Soeroso, di depan Restoran Trio, sebagai langkah pencegahan. Namun, anehnya, hingga kini renovasi belum juga dilakukan.

Saya menuju ke toko baru tersebut dan memesan hidangan andalannya, soto betawi, dilengkapi sate daging betawi. Ketika saya menyantap soto berkuah kental dan satenya yang gurih, saya melihat sebuah papan di atas konter kasir yang memajang gambar menu terbaru mereka: laksa betawi, makanan khas Betawi yang jarang ditemui. “Kami baru menawarkan menu tersebut tiga bulan belakangan untuk menyediakan lebih banyak pilihan kepada pelanggan setia kami,” jawab Nasrudin saat saya bertanya tentang gambar tersebut.

Jabodetabek-classic-soto betawi h ma'ruf
Jl.Gondangdia Lama No.36A
Jakarta Pusat
Buka setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB
Rp30.000/US$2,2 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *