Jakarta: Soto Gebrak


“Nama Soto Gebrak diambil dari suara yang dibuat ketika sebuah botol kecap digebrakkan ke meja untuk menandakan kepada pramusaji kalau soto siap disajikan.”

Sebagai penggemar berat soto, saya meletakkan Soto Gebrak ke dalam daftar lima soto ayam terbaik di Jabodetabek. Mungkin soto ini terlihat seperti soto ayam pada umumnya. Namun, yang membuatnya berbeda dari soto ayam lainnya adalah penggunaan koya sebagai tambahan bumbu soto. Selain koya, seporsi soto gebrak berisi bihun, potongan ayam, kol, tauge, tomat, dan seledri. Anda akan menikmati kombinasi bumbu soto yang segar nan kental dengan isian yang cukup memuaskan dalam satu mangkuk.

Saya lupa sudah berapa kali berkunjung ke Soto Gebrak—saya sering mengunjunginya sejak masih kecil. Walaupun begitu, sebelum Anda mengunjungi salah satu cabang Soto Gebrak, izinkan saya untuk memberi tahu Anda tentang fakta unik yang akan Anda temui di sana: akan ada banyak suara gebrakan meja yang datang dari dapur setiap hidangan soto ayam sedang diracik. Nama soto gebrak diambil dari suara yang dibuat ketika sebuah botol kecap digebrakkan ke meja untuk menandakan kepada pramusaji kalau soto ayam  siap disajikan.

Soto Gebrak digagas oleh Cak Anton, yang membuka toko pertama di Jalan Setiabudi. “Dia mulai berjualan soto ayam pada 1973 di daerah Setiabudi dengan cara membawa dua keranjang kayu yang terikat pada galah yang dijinjing di pundaknya,” ujar salah satu karyawan. “Sebelum kami pindah ke bangunan ini, kami biasanya menjual soto di warung dekat sini,” lanjutnya. Cabang Soto Gebrak lainnya bisa ditemukan di Tebet, Margonda, dan BSD.

Jl. Setiabudi 2 No.17
Jakarta Selatan
Buka setiap hari, pukul 10.000–22.00 WIB
Rp25.000/US$1,90 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *