READING

Bogor: Soto Kuning Pak Bongkok

Bogor: Soto Kuning Pak Bongkok


“Dagingnya yang kaya rasa memang layak diancungi jempol.”

Menemukan penjual soto kuning (kuliner khas bogor berupa sup daging dengan santan) di Bogor sama mudahnya seperti berhitung 1-2-3. Di antara banyak penjual soto kuning, ada beberapa penjaja yang selalu ramai pengunjung. Salah satunya adalah Soto Kuning Pak Bongkok.

Didirikan pada 1978, namanya diambil dari cara sang penjual membawa dagangannya: menggunakan pikulan. Cara ini membuat tubuhnya menjadi bongkok. Sejak saat itu, bongkok menjadi nama panggilannya, juga nama sotonya.

Sekarang, Anda tidak akan melihat pria bongkok menjual soto kuning di sana. Namun, Anda akan melihat seorang pria muda segar-bugar bernama Udi, cucu dari Pak Bongkok. Dia akan dengan senang hati menyambut kedatangan Anda. Pak Bongkok telah meninggal dan sekarang Udilah yang memegang bisnis tersebut.

Berada di bawah pengawasan Udi, Soto Kuning Pak Bongkok tetap terjaga kualitasnya. Ketika saya datang ke tempat ini, saya melihat para pembeli sibuk memilih daging sapi dan jeroan dari meja yang ada di dalam kedai. Meja kecil yang ada di sini hanya bisa mengakomodasi empat orang, lainnya harus makan sembari berdiri.

Saya memilih jeroan dan daging sapi dan menyerahkannya kepada Udi. Udi memotongnya menjadi potongan kecil, menaruhnya di sebuah mangkuk dan menuangkan kuah santan. Ketika dia menyerahkan mangkuknya kepada saya, aroma kemiri dan kunyit tercium. Daging sapi dan jeroannya dibumbui menggunakan kemiri, yang membuat aroma jeroan tidak terlalu tercium dan rasanya lebih nikmat. Saya tidak kaget saat mengetahui bahwa Udi telah mengisi ulang daging sebanyak tiga kali sejak jam 11 siang. Dagingnya yang kaya rasa memang layak diacungi jempol.

Menurut Udi, ada beberapa penjual soto kuning di Jakarta yang menggunakan nama Pak Bongkok. Dia menyakinkan saya kalau Soto Kuning Pak Bongkok yang asli hanya adalah di Jalan Suryakencana. Jadi, jangan teperdaya oleh Soto Kuning Pak Bongkok yang Anda temui di lokasi lain. Beranjaklah ke Jalan Suryakencana dan rasakan sendiri Soto Kuning Pak Bongkok yang asli di sana.

By Jessicha Valentina

Jl. Suryakencana
Bogor, Jawa Barat
Buka setiap hari, pukul 07.30–13.30 WIB
Rp20.000/US$1,50


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *