READING

Jakarta: Soto Mie Bakso Sarodja

Jakarta: Soto Mie Bakso Sarodja


“Yang terjadi kemudian sungguh diluar perkiraan saya—rasanya banjir rasa gurih memenuhi lidah. Saya tidak pernah membayangkan kalau soto mie bisa seenak ini, tidak setelah percobaan buruk pertama saya dengan makanan ini. Kaldunya yang gurih dan potongan daging yang enak memberikan rasa puas ke perut saya.”

Satu-satunya pengalaman saya menyantap soto mie adalah saat saya masih kecil. Saya ingat memesan semangkuk soto mi dari penjaja keliling yang berjualan di sekitar rumah. Seingat saya, cita rasanya tidak memenuhi selera saya. Sejak saat itu, saya selalu menolak ajakan teman dan keluarga untuk ikut menyantap soto mie. Namun, hidup terkadang membuat kita merasakan kembali masa lalu dan kepahitannya. Hal itu terjadi ketika nama tempat makan ini diajukan kepada saya untuk dijelajahi. Melalui berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk mengesampingkan sentimen pribadi dan mencobanya.

Akan sedikit sulit menemukan Soto Mie Bakso Sarodja, yang terletak di seberang Jalan Danau Tondano, di area Bendungan Hilir, karena banyaknya deretan toko di jalan itu yang bentuknya hampir sama semua. Untungnya, saya berhasil menemukannya—gerai kecil dan sederhana yang bisa menampung kira-kira 10 hingga 15 orang. Ketika saya sampai di sini, tidak terlalu banyak pengunjung. Hanya ada dua orang yang sedang sibuk menyantap soto mie.

Setelah memesan semangkuk soto mie dengan bakso, saya memilih duduk di ujung bagian depan kedai. Tidak lama, musuh bebuyutan saya disajikan. Saya melawan keengganan hati dan mulai menyendok soto mie. Yang terjadi kemudian sungguh diluar perkiraan saya—rasanya banjir rasa gurih memenuhi lidah. Saya tidak pernah membayangkan kalau soto mie bisa seenak ini, tidak setelah percobaan buruk pertama saya dengan makanan ini. Kaldunya yang gurih dan potongan daging yang enak memberikan rasa puas ke perut saya. Rasa yang sepertinya mustahil Anda temukan dari penjaja pinggir jalan.

Percakapan singkat dengan salah satu karyawan mengungkapkan kalau Pak Sarodja memulai bisnisnya dengan berjualan di jalanan menggunakan keranjang rotan pada 1970. Setelah Pak Sarodja meninggal, bisnis tersebut dilanjutkan oleh anak-anaknya. “Ada kedai lain di depan SD di dekat sini, tetapi akhirnya tutup beberapa tahun yang lalu,” ujarnya. Wah, jika perjalanan ke Benhil bukanlah favorit Anda, jangan takut. Anda bisa menemukan Soto Mie Bakso Sardoja di pusat-pusat perbelanjaan, seperti Pacific Place, Senayan City, dan Plaza Indonesia, juga Bellagio Apartment dan Sinar Mas Land Plaza.

Jl. Danau Tondano No. 27
Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
Buka setiap hari, pukul 07.00–19.00 WIB
Rp35.000/US$2,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *