Bogor: Soto Pak Salam


Meskipun tempatnya sangat penuh, dia selalu bisa menyempatkan diri mengobrol sejenak dengan para pelanggan.

Soto kuning dikenal juga sebagai soto bogor, adalah salah satu kuliner tradisional kota hujan yang paling terkenal. Popularitasnya dapat dilihat dari banyaknya penjaja soto kuning yang tersebar di penjuru kota. Dari semuanya, banyak warga Bogor yang menyukai Soto Pak Salam, membuat tempat tersebut selalu dihiasi antrean panjang.

Stan soto ini dibuka pertama kali pada 1989 oleh Pak Salam. Kini Pak Salam telah meninggal dan anaknya, Kang Iwan, bertanggung jawab meneruskan bisnis tersebut. Soto Pak Salam buka setiap hari dari jam 3 siang dan kurang dari tiga jam akan habis terjual.

Saya beruntung karena berhasil mencicipi Soto Pak Salam saat mengunjungi Bogor. Sampai tempat ini jam 3 siang, saya melihat banyak pembeli sudah datang dan mengantre. Saya menyelinap masuk ke warung dan mengambil daging sapi, paru, dan otak, juga perkedel. Sebenarnya, saya ingin membawa soto tersebut pulang. Namun, melihat banyaknya pembeli menikmati soto mereka, saya berubah pikiran dan memutuskan untuk menyantapnya di tempat.

Saat giliran saya tiba, Kang Iwan mengambil semua bahan yang saya ambil. Dia memotongnya dan menaburkan sedikit garam, kecap, dan bawang goreng ke dalam mangkuk. Dia kemudian menuangkan kuahnya dan menyerahkan mangkuk kepada saya.

Menyantap dua porsi soto kuning di hari yang sama, saya bisa bilang kalau Soto Pak Salam terasa berbeda. Semua bahannya sudah dimasak dan dibumbui terlebih dahulu. Daging sapinya terasa manis. Namun, itu mengimbangi rasa gurih kuah santannya. Selain itu, parunya terasa lembut, tetapi kenyal, dan sangat memuaskan lidah saya.

Tidak hanya makanannya, pelayanannya juga baik. Satu hal yang saya perhatikan saat berkunjung ke sini adalah keramahan Kang Iwan. Meskipun tempatnya sangat penuh, dia selalu bisa menyempatkan diri mengobrol sejenak dengan para pelanggan. Dia bahkan meminta maaf kepada para pelanggan karena semua tempat duduk terisi penuh. Saat pembeli membayar makanan mereka, Kang Iwan mengucapkan, “Selamat” yang maksudnya berterima kasih karena pembeli telah menghabiskan makanan mereka dan berniat pulang ke rumah. Akhir kata, Soto Pak Salam adalah tempat yang harus dikunjungi saat Anda sedang berada di Bogor.

By Jessicha Valentina

Jl. Suryakencana
Bogor, Jawa Barat
Buka setiap hari, pukul 15.00–20.00 WIB (hampir semuanya terjual pada jam 5 sore)
Rp30.000–40.000/US$2,20–3.00


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *