Jakarta: Toko Kue Marga


Saya meletakkannya di atas meja selama beberapa jam dan kerenyahannya bahkan tidak berkurang sedikit pun.

Kunjungan ke Toko Kue Marga seperti melakukan tapak tilas—setiap detail yang Anda lihat di dalamnya membuat Anda terkenang masa lalu, dari interior toko hingga pilihanpastry-nya.

Dibangun di dalam sebuah garasi, jangan berharap rak-rak bagus atau perabotan modern. Yang akan Anda lihat adalah dinding berwarna hitam-putih dan rak baja antikarat yang akan memberikan Anda petunjuk seberapa lama rumah itu sudah berdiri. Popularitasnya terbangun dari buah bibir—toko pastry ini tidak pernah memasang iklan dan bahkan tidak punya papan petunjuk—dan dari jajaran pastry-nya yang sangat enak.

Didirikan pada 1960 oleh Ibu Margareta—di mana nama toko ini di ambil—Toko Kue Marga menawarkan beragam jenis camilan indonesia, mulai dari picnic roll, risoles, dan lapis surabaya, hingga es krim buatan sendiri. Dibuat dari resep Ibu Margareta sendiri, sangat disayangkan karena perempuan hebat itu sudah meninggal beberapa tahun lalu pada usia 97 tahun. Pada saat-saat terakhirnya, dia masih terjun langsung dalam pembuatan kue-kue di tokonya.

Tongkat kepemimpinan diwariskan kepada Pak Tom Yahya, anak tertua ibu Margareta. Bersama istrinya, sekarang dia menangani manajemen toko dan mengawasi produksi di Slipi. Di bawah pengawasannya, standar tinggi yang dipatok ibunya tidak berubah, dan buktinya ada pada picnic roll dan lapis surabaya yang saya beli.

Ada empat pilihan isi picnic roll, yaitu daging sapi, babi, ayam, dan tuna—dan makanan ini memberikan contoh kelezatan pastry yang seharusnya. Saya memilih daging babi dan yang saya dapatkan adalah picnic roll sepanjang 30 sentimeter yang terasa sangat renyah dan isiannya enak. Saya meletakkannya di atas meja selama beberapa jam dan kerenyahannya bahkan tidak berkurang sedikit pun. Isinya, yang merupakan campuran telur rebus dan potongan daging babi, kaya akan rasa. Sementara itu, lapis surabayanya mengingatkan saya dengan almarhumah nenek yang sering membuat kue ini. Rasa menteganya kental, tetapi cukup manis untuk selera saya, sesuatu yang mungkin sulit ditemukan sekarang ini.

jabodetabek-heritage-toko kue marga2 toko kue marga
Jl. Cimahi No. 8
Menteng, Jakarta Pusat
Telp: (021) 31928034
Buka setiap hari, pukul 09.00–17.00 WIB
Rp155.000–180.000/US$11.50–13.50 untuk picnic roll


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *