Jakarta: Nasi Goreng Kebon Sirih


Dijual oleh banyak penjaja makanan di seluruh penjuru negeri, nasi goreng disajikan dalam beraneka ragam bentuk dan menjadi makanan pilihan banyak warga Indonesia. Di Jakarta, kami cukup beruntung memiliki Nasi Goreng Kebon Sirih, sebuah tempat makan yang menyajikan nasi goreng ayam dan nasi goreng kambing – hidangan yang terakhir menjadi alasan tempat makan ini begitu populer.

Almarhum Haji Nein membangun tempat makan ini pada 1958. “Dia adalah penjual nasi goreng pertama di lingkungan ini,” kata salah satu stafnya di konter. Kini dikelola oleh generasi ketiga keluarga pendirinya, tempat makan ini memiliki empat cabang yang tersebar di Jakarta.

nasi goreng kebon sirih nasi goreng kebon sirih

Berlokasi tepat di mulut jalan sempit di Jalan Kebon Sirih, pemandangan nasi goreng yang menggunung menyapa saat saya masuk, dengan baunya yang wangi semerbak memenuhi ruangan. Karena tempat makan ini cenderung ramai hampir setiap saat, nasi gorengnya sudah disiapkan dalam jumlah banyak untuk menghindari antrean panjang.

Saya memesan nasi goreng kambing kebanggaannya. Meski sudah disiapkan terlebih dulu, nasi gorengnya masih cukup hangat – mungkin karena saya datang agak dini pada jam lima sore. Disajikan dengan kerupuk, nasi gorengnya dimasak dengan mentega dan banyak bumbu, yang membuat aromanya begitu kuat. Walaupun agak berminyak, teksturnya padat. Sementara itu, potongan-potongan daging kambingnya berukuran besar, lezat, empuk, dan tidak berbau.

Jl. Kebon Sirih,
Jakarta
Buka setiap hari, pukul 16.00-03.00 WIB
Rp35.000/US$2,70 per porsi


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *