READING

Jakarta: RM Ayam Goreng dan Nasi Uduk Sederhana H....

Jakarta: RM Ayam Goreng dan Nasi Uduk Sederhana H. Saman


Bagi kalian yang belum tahu, nasi uduk sebenarnya merupakan hidangan Betawi; itu sebabnya makanan ini mudah ditemukan di Jakarta. Toko-toko yang menjajakan hidangan tersebut berdiri bersebelahan satu sama lain di Kebon Kacang, tetapi yang terbaik sudah pasti RM Ayam Goreng dan Nasi Uduk Sederhana H. Saman.

Didirikan 53 tahun yang lalu oleh sang pemilik bernama H. Saman, kegiatan operasional sehari-hari tempat makan ini dikelola oleh anaknya H. Nuh. Meski toko andalannya ada di Kebon Kacang, cabang-cabangnya tersebar di sekitar kota.

RM Ayam Goreng dan Nasi Uduk H. Saman RM Ayam Goreng dan Nasi Uduk H. Saman

Saya datang cukup pagi – hanya beberapa menit setelah warungnya buka – dan berhasil menjadi pelanggan pertama hari itu. Oleh karena itu, pesanan saya disiapkan tanpa halangan apa pun. Saya mencoba nasi uduk dan ayam goreng andalannya, serta sepasang ati dan ampela goreng.

Nasi uduknya dibalut daun pisang dan ada tiga jenis saus cocol yang disediakan: saus kacang berwarna cokelat kemerahan untuk dipasangkan dengan nasinya, sementara saus kacang yang lebih kental dan saus tomat pedasnya untuk cocolan ayam goreng dan lauk lainnya. Ayam gorengnya juicy dan sedikit manis, dan saya makin suka dengan rasanya setelah dicocolkan ke dalam saus kacang, yang memunculkan sensasi asin, manis, dan pedas yang menyegarkan di lidah saya.

Jl. Kebun Kacang 9, No. 15,
Jakarta
Buka setiap hari dari jam 17.00-00.00 WIB
Rp40.000/US$3 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.