Keindahan Bukittinggi


Sudah jelas bahwa Bukittinggi merupakan salah satu atraksi utama di Sumatra Barat yang berhasil menjadi tempat tujuan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mulai dari Jam Gadang ikonis yang berdiri di jantung kota sampai Ngarai Sianok yang menakjubkan di perbatasan antara Bukittinggi dan Kabupaten Agam; semuanya merupakan tempat wisata menarik yang terus dipromosikan oleh pemerintah setempat.

Meski demikian, bintang Bukittinggi yang paling banyak menarik pengunjung adalah kulinernya. Sopir yang mengantar saya di sana mengatakan bahwa ketika ke Padang, kebanyakan pelanggannya menghabiskan waktu paling lama di Bukittinggi. Biasanya, mengunjungi Pasar Wisata menjadi hal pertama di jadwal perjalanan mereka. Lalu, apa yang membuatnya begitu istimewa? Tampilannya memang serupa dengan pasar-pasar yang biasa Anda temukan di daerah pedesaan, tetapi di balik fasadnya yang sederhana, terdapat beraneka ragam hidangan autentik yang mampu membuat kota tersebut bangga.

pasar wisata bukittingi pasar wisata bukittingi

Di bagian depan, sejumlah toko yang menjajakan nasi goreng, soto minang, dan ampiang dadiah akan menyapa Anda dengan tangan terbuka. Masuk lebih dalam dan berderet-deret warung akan menggoda Anda untuk membeli beragam kue kering dan makanan ringan. Salah satu kudapan yang menarik perhatian saya di sana adalah belut kering, yang digantung terbalik dan dipertontonkan kepada semua orang.
Yang paling menakjubkan dari semuanya adalah Los Lambuang, yang menjadi pusat tren nasi kapau—nasi campur versi Bukittinggi. Sejumlah toko menyajikan hidangan lokal tersebut di sini, yang ketika ditambahkan dengan nuansa pasar tradisional, pengalaman menyantapnya menjadi lebih nikmat. Anda juga bisa menemukan hidangan sedap lainnya di sini, seperti katupek sayur (ketupak dengan santan dan irisan labu siam). Simpulannya, Pasar Wisata merupakan utopia kuliner Bukittinggi.


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *