Lepaskan Dahaga


Terkadang air saja tidak cukup membantu saat Anda mencoba bertahan di bawah terpaan panas iklim tropis Indonesia. Untungnya, pengalaman menghadapi panas selama ratusan tahun menghasilkan beragam hidangan penutup dan minuman segar yang bisa membantu menurunkan suhu tubuh Anda menjadi normal. Berikut ini adalah lima yang terbaik di antaranya.

Malang: Es Tawon Kidul Dalem
Terlepas dari makna yang tersirat dari namanya, minuman ini tidak mengandung sengatan maupun sarang tawon. Namanya diambil dari kawanan tawon yang dulu bersarang di samping lokasi tokonya. Dibuat dari sejumlah bahan hidangan penutup klasik Indonesia, seperti cincau, cendol, dan tapai; es tawon terasa manis dan menyegarkan.

Solo: Es Dawet Telasih Bu Dermi
Secara teori, es dawet biasanya hanya mengandung susu, gula aren, dan cendol. Namun, tampaknya bu Dermi menambahkan sesuatu ke dalam racikannya yang bisa dibilang minuman para dewa. Terletak di tengah keramaian Pasar Gede Hardjonagoro di Solo, kerumunan orang terus memenuhi tokonya. Es Dawet Telasih Bu Dermi telah memiliki beberapa cabang di Solo, tapi tak satu pun mampu menyamai toko orisinalnya.

Yogyakarta: Rujak Es Krim Pak Nardi
Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menerka seberapa nikmatnya minuman ini. Rujak es krim merupakan percampuran menarik antara salad buah tradisional berlabur saus kacang bernama rujak, dan es krim. Namun, racikan versi pak Nardi sungguh apik dengan campuran buah-buahan lezat yang diguyur gula aren cair dan es krim buatan sendiri. Lebih dari sepadan dengan usaha mendapatkannya di tengah kesibukan Jalan Malioboro.

Bogor: Es Pala Pak Ujang
Normalnya Anda tidak akan mengasosiasikan hidangan berbasis pala dengan kata “manis” dan “menyegarkan”. Namun, pak Ujang berhasil melawan semua anggapan yang ada sebelumnya. Es pala buatannya akan memuaskan tenggorokan Anda dan menggoda Anda dengan rasa manis dan sedikit sentuhan pedas. Banyak yang mencoba meniru resep pak Ujang—yang diwariskan dari ayahnya—dan gagal total. Jadi, pastikan Anda mencoba minuman orisinalnya di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor.

Jabodetabek: Es Teler Sari Mulia Asli
Es teler merupaka salah satu hidangan penutup favorit saya sepanjang masa. Salah satu koktail buah Indonesia, minuman ini ditandai dengan campuran santan, sirup cocopandan, dan susu kental manis. Biasanya ditaburi beragam jenis buah, termasuk di antaranya avokad, nangka, kelapa muda, dan masih banyak lagi, serta jelly. Es Teler Sari Muli Asli terkenal sebagai toko pertama di Jakarta yang menjajakan es teler.


Being the daughter of Good Indonesian Food’s founder, a love of Indonesian food is clearly a part of Phoebe’s blood. When not procrastinating, she can be found in her natural habitat: hiding in her bedroom with her dog, reading or writing.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *