Lima Kedai Es Krim Terbaik


Ketika musim kemarau tiba, saatnya menikmati segarnya es krim untuk mendinginkan kepala. Beruntung, musim kemarau sepertinya berlangsung sepanjang tahun di Indonesia. Jadi wajar kalau es krim menjadi hidangan pencuci mulut paling dicari di negara ini. Meskipun es krim bukanlah salah satu sajian tradisional, keberadaannya sangat lumrah ditemukan di penjuru Nusantara. Berikut ini lima kedai es krim terbaik yang kami rekomendasikan:

Bandung: Sumber Hidangan

sumber hidangan

Kedai ini sudah berdiri sejak 1929, dan Anda akan langsung menyadarinya begitu mengamati desain interiornya yang khas dengan nuansa tempo dulu – seperti yang sering Anda temukan dalam foto-foto yang diambil pada zaman penjajahan Belanda. Hidangan andalan di sini adalah Sumber Hidangan Special yang terdiri dari tiga scoop es krim dengan taburan buah-buahan di atasnya.

Jl. Braga No. 20-22,
Bandung, Jawa Barat
T: 022 423 6638

Semarang: Toko Oen

Satu lagi kedai es krim yang kental akan nuansa vintage adalah Toko Oen yang telah beroperasi sejak 1910. Memasuki toko ini, Anda seolah akan dibawa ke masa kolonial dengan dekorasi vintage dan perabotannya yang elegan. Resep rahasia yang diciptakan oleh sang pendiri masih setia digunakan hingga saat ini. Dan hebatnya lagi, terdapat pula tiga mesin pembuat es krim antik yang hingga sekarang masih dipakai untuk kegiatan produksi.

Jl. Pemuda No. 52
Semarang, Jawa Tengah
T: 024 354 1683

Surabaya: Zangrandi Ice Cream

surabaya-classic-zangrandi

Pertama kali didirikan oleh seorang keturunan Italia bernama Roberto Zangrandi, bisnis es krim ini kemudian diambil alih oleh Adi Tanumulia. Dia menambahkan tiga rasa baru ke dalam menu: raspberry, kelapa, dan durian. Siapapun yang pernah datang ke Surabaya pasti familiar dengan cuaca kota ini yang sangat terik, jadi kunjungan ke Zangrandi Ice Cream merupakan agenda wajib bagi Anda untuk menyegarkan kembali diri Anda setelah berpanas-panas seharian.

Jl. Yos Sudarso No. 15
Surabaya, Jawa Timur
T: 031 534 5820

Jabodetabek: Ragusa Es Italia

Jabodetabek-classic-ragusa es italia

Italia memang jagonya es krim, dan ini pun dibuktikan dengan kehadiran Ragusa Es Italia. Pada 2012, kedai ini dikenal sebagai kedai es krim tertua di Indonesia, dan sama seperti wine, kualitas es krim di sini semakin teruji seiring berjalannya waktu. Menu yang ditawarkan telah berkembang selama berabad-abad dengan berbagai pilihan rasa yang unik, diantaranya cokelat dan spaghetti. Terdapat dua cabang Ragusa di Jakarta – di Jalan Veteran dan di Duta Merlin. Jika Anda ingin menghindari antrian panjang, saya sarankan untuk mengunjungi yang kedua.

Jl. Veteran I, No. 10
Jakarta Pusat
T: 021 384 9123

Solo: Es Krim Tentrem

es krim tentrem

Dikenal sebagai salah satu kedai es krim favorit di Kota Solo sejak 1952, Es Krim Tentrem mungkin merupakan vendor es krim termuda dalam daftar ini. Namun, dengan pengalaman lebih dari 60 tahun, rasa es krim di sini tidak kalah dari para kompetitor lain. Beragam pilihan rasa tersedia di sini, tapi yang paling menonjol adalah Terang Bulan, yang hanya dapat dipesan dalam jumlah besar atau untuk acara-acara spesial.

Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 132,
Solo, Jawa Tengah
T: 0271 789 0425


Being the daughter of Good Indonesian Food’s founder, a love of Indonesian food is clearly a part of Phoebe’s blood. When not procrastinating, she can be found in her natural habitat: hiding in her bedroom with her dog, reading or writing.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *