READING

Lombok: RM Ayam Taliwang Kania

Lombok: RM Ayam Taliwang Kania


“Meskipun ayam taliwang sudah tidak asing lagi karena saya sudah pernah menyantapnya di Jakarta, ini merupakan pertama kalinya saya akan memakannya langsung di daerah asalnya.”

Berkunjung ke Lombok tanpa menyantap ayam taliwang seperti berlibur ke Bali tanpa menyambangi pantai-pantainya. Untungnya, Anda bisa menemukan tempat makan yang menghidangkan masakan lokal ini di setiap sudut Mataram. Dalam perjalanan saya ke pulau tersebut baru-baru ini, saya singgah di beberapa tempat makan yang menyajikan ayam taliwang dan menemukan hal yang membuat tiap-tiap tempat hidup. Tempat makan pertama yang saya kunjungi adalah RM Ayam Taliwang Kania, sebuah restoran yang sudah beroperasi sejak 1994.

Dengan cabang di kota Bima, RM Ayam Taliwang Kania Mataram berlokasi di Jalan Pancausaha di area Cakranegara, yang merupakan daerah pasar tradisional di kota tersebut. Terletak di pertokoan, restoran ini menyediakan area makan terbuka lengkap dengan sejumlah beruga—gazebo ala Lombok. Lahan parkir yang luas tersedia di depan toko, sementara menemukan tempat ini begitu mudah berkat papan nama cukup besar yang menggantung di depan gedungnya.

Saya sampai di RM Ayam Taliwang Kania sekitar jam tiga sore dan tempat itu hampir kosong. Meskipun ayam taliwang sudah tidak asing lagi karena saya sudah pernah menyantapnya di Jakarta, ini merupakan pertama kalinya saya akan memakannya langsung di daerah asalnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa warga Lombok bangga dengan tingkat kepedasan yang ekstrem pada tiap-tiap masakannya. Untuk mencari aman, saya memilih versi ayam taliwang yang tidak terlalu pedas. Hanya perlu waktu 10 menit untuk menyiapkan pesanan saya karena saat itu dapurnya sedang tidak terlalu sibuk. Rasa ayamnya lebih enak secara signifikan dibanding yang saya rasakan di Jakarta. Ada dua macam sambal pelalah yang disajikan bersama ayam bakarnya: cokelat pekat manis dan cokelat muda sangat pedas. Setiap pelanggan bisa memadukannya sesuai selera.

Jl. Pancausaha, Mataram
Lombok, Nusa Tenggara Barat
Telp: 0370 625 547
Buka setiap hari, pukul 11.00–23.00 WITA
Rp60.000/US$4,30 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *